Khotbah Ramadan, Ustad: Ada 4 Keutamaan Sadaqah

Jumat, 02 Juni 2017 00:02

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Hari ini Kamis (1/6/2017), merupakan pelaksanaan malam ke-7 shalat tarawih berjamaah. Sebelum melaksanakan shalat tarawih, jemaah Masjid Ikhlas terlebih dahulu mendengar khobah ramadan, yang dalam hal ini disampaikan oleh Ustad Syaifulloh.

Dalam ceramah singkatnya, ustad berkaca mata ini menyampaikan empat keutamaan sadaqah. Beliau menyampaikan, harta yang kita sadaqahkan, akan berbicara kepada kita.

Lantas apa saja yang diucapkan oleh harta kepada kita? Ustad Syaifulloh menjelaskan, yang pertama harta akan berbicara bahwa sekarang dia adalah hal yang besar, yang bisa membentengi kita dari apapun, termasuk siksa kubur. “Aku dahulunya sesuatu yg kecil, tapi dengan engkau berikan aku orang lain, kini aku menjadi besar, mampu membentengi mu dari azab kubur,” ujarnya.

Ustad Syaifulloh kembali menjelaskan, kedua harta kita akan berbicara bahwa sekarang ia merupakan sesuatu yang banyak, itu setelah kita memberikannya kepada orang yang membutuhkan.

Baca: Ada apa Gerangan? kok Pembangunan PLTU Parit 23 Distop

Ketiga, ketika kita memberikan harta kita, ia akan menjadi kekasih mu. “Dulu aku musuh mu, sekarang aku kekasihmu yang abadi, sesuatu yang kekal abadi,” tutur Ustad Syaifulloh.

Keempat, atau yang terakhir, ustad Syaifulloh menjelaskan, ketika harta yang kita miliki kita sumbangkan ke orang lain, maka dia akan menjaga mu. “Dulu engkau menjaga ku, sekarang aku yang menjaga mu, ujar harta yang telah kita sumbangkan,” terang Ustad Syaifuloh.

Sebelum menutup ceramah singkatnya, Ustad Syaifulloh juga mengajak jemaah untuk menjadi seorang dermawan kepada sesama.  Sadaaqah merupakan ujian dari Allah, untuk mengukur kemampuan kita bagaimana berurusan dengan manusia lainnya,” tutupnya. (bpc9)