Kelud Meletus, Semburan Material Setinggi 3000 Meter

Jumat, 14 Februari 2014 08:15

BERTUAHPOS.COM, KEDIRI – Setelah status ditetapkan menjadi Awas, Gunung Kelud di Jawa Timur akhirnya meletus. Semburan asap dan material vulkanik mencapai ketinggian 3000 meter.

 

“Jam 22.50 Wib, meletus. Asap tebal setinggi 3000 meter. Tidak ada suara,” jelas Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, Gede Swastika, yang berada di lokasi, Kamis (13/02/2014).

 

Baca: Syamsuar: Sektor Pariwisata Harusnya Menjadi Sumber PAD Siak

Dilansir dari Detik.com, Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang ini statusnya ditetapkan menjadi Awas atau level IV pada Pukul 22.15 Wib. Tingginya aktivitas kegempaan, membuat status Gunung Kelud di Jawa Timur, ditingkatkan dari Siaga (level III) menjadi Awas atau Level IV. Hujan abu hampir merata di Jawa Timur. Muntahan Gunung Kelud di Kediri itu juga mengguyur Kabupaten Sidoarjo, Jumat (14/2/2014).

 

Tak sedikit warga yang kaget saat keluar rumah menyaksikan pekarangan dan jalan depan rumahnya diselimuti abu. Mereka baru menyadari setelah mendapatkan informasi bila abu itu akibat letusan Kelud.

 

“Penuh abu teras rumah,” kata Heri, warga Sidokepung, Kecamatan Buduran. Hujan abu juga terasa di sejumlah desa lain di Sidoarjo.Warga lainnya, tidak berani keluar rumah karena abu masih mengguyur meskipun tipis. “Nanti beli masker dulu,” kata Arie S. Ibu rumah tangga ini melarang anak-anaknya untuk sementara tidak keluar rumah. (dtc)