Kelok Sembilan Jadi Primadona Stage V

Rabu, 07 Oktober 2015 16:43
Kelok Sembilan Jadi Primadona Stage V

BERTUAHPOS.COM, LIMAPULUH KOTA – Stage V ivent Internasional Tour de Singkarak 2015 mengambil start di Lembah Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Propinsi Sumatera Barat.

Pada stage V ini, disamping memperkenalkan destinasi wisata Lembah Harau kepada 21 tim pembalap dari 36 negara, Pemkab Limapuluh Kota juga memberikan tantangan tanjakan dengan suguhan arsitektur bangunan karya anak bangsa, kelok sembilan.

Advertisement

Walau tidak sempat berhenti di area kelok sembilan yang baru saja diresmikan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, keindahan fly over kelok sembilan dengan diapit dua bukit cadas, menambah decak kagum ratusan pembalap yang melintasi kawasan itu.

Dari kelok sembilan, tim pembalap menuju arah kota Payakumbuh terus Halaban jalan Raya Payakumbuh-Lintau dan pembalap kembali ditantang dengan tanjakan menjelang puncak pato, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanahdatar.

Baca: Kajian Studi Ilmiah, Sawit Bukan Penyebab Utama Deforestasi

Setelah melintasi lebih kurang 165 kilometer, pembalap finish di destinasi wisata Ngalau Indah, Kota Payakumbuh. Dilokasi itu, Pembalap dan offisial disuguhi atraksi tradisi anak nagari Pacu Itik.

“Kita berikan suguhan atraksi tradisi anak nagari yaitu Pacu Itik. Kemudian makan siang di arena kolom renang Ngalau Indah. Jadi dengan begitu mereka bisa menyaksikan langsung keindahan alam kita dan tradisi anak-anak nagari kita,” jelas Kepala Disbudparpora Payakumbuh, Syahnadel Khairi. (khatik)