Kekabaran Lahan Kembali Terjadi di Rohil

Minggu, 21 Juli 2013 09:29
BERTUAHPOS, BAGANSIAPIAPI – Setelah sempat padam, kebakaran lahan di pinggir jalan lintas menjelang jembatan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir kembali terjadi. Kebakaran ini belum meluas, namun tak ada upaya pemadaman. 
 
Pantauan riauterkinicom, Sabtu (20/7/13) sekira pukul 15.00 WIB, lokasi kebakaran lahan berada disebelah kiri jalan lintas dari arah Simpang Bukit Timah-Jembatan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, asap mengepul cukup tinggi. 
 
Kebakaran ini belum meluas, melainkan hanya satu titik, namun belum ada upaya pemadaman sama sekali, lahan itu terdiri dari lahan gambut yang tumbuh sejumlah pohon yang agak tinggi dan menyambung lokasi kebakaran yang pernah terjadi belum lama ini. 
 
Sekitar lokasi ini memang terlihat bekas terjadi kebakaran, sejumlah daun sudah berwarna coklat, termasuk sejumlah kebun kelapa sawit dan kebun nenas masyarakat serta beberapa bangunan. 
 
Sementara itu, cikal bakal kebakaran hutan juga mulai terlihat dilahan antara Simpang Tugu Ayam-Simpang Poros, dipinggir jalan sebelah kanan mulai ada asap, namun belum membesar, dan juga tidak ada upaya pencegahan dari pihak terkait. 
 
Dalam pada itu, Dinas Kehutanan setempat telah berupaya menyampaikan larangan membakar hutan dan lahan dimedia massa lokal yang dikeluarkan sejak 17 Juni 2013 lalu sampai sekarang dengan dasar UU No. 41 tahun 1999.
 
(riauterkini.com)