Kehausan, Bupati Tanah Datar Diberi Air Minum Oleh Anggota Dewan

Rabu, 24 Februari 2016 11:04

BERTUAHPOS.COM ( BPC),BATUSANGKAR- Kehausan, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi disodori air minum oleh anggota dewan dalam sidang perdana Bupati dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, saat menyampaikan lima draf rancangan peraturan daerah (Ranperda), selasa (22/02) di Gedung DPRD Pagaruyung, Tanah Datar.

“Semoga kemitraan pemerintah dengan dewan ini slalu terjaga, dan ini bertanda kita sama sama peduli,” ujar Irdinansyah ketika disodori air minum oleh anggota dewan Jonnedi yang diapresiasikan oleh seluruh anggota sidang.

Dalam pidatonya, Irdinansyah menyampaikan jika lima Ranperda ini perlu penyempurnaan sehingga tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi, sehingga pemerintah perlu mengatur dan mengajukannya kepada dewan.

Ia menjelaskan lima draf Ranperda itu adalah Ranperda tentang Pembangunan dan Penataan Menara Bersama Telekomunikasi, Penyelenggaraan Huller dan Penggilingan Padi, Pengendalian Rabies, Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Jasa Konstruksi.

Baca: Reuni 212, Tagar #212WujudPersatuanUmat Trending di Twitter

“Khusus Ranperda tentang pengendalian rabies dirasa penting karena terus meningkatnya jumlah kasus masyarakat yang terserang penyakit rabies akibat gigitan anjing,” kata Irdinansyah.

Untuk pengajuan Ranperda tentang penyelenggaraan heler dan penggilingan padi juga diperlukan mengingat pesatnya perkembangan jasa usaha penggilingan padi di tengah masyarakat, jelas bupati baru ini.

“Pemerintah daerah perlu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap operasional penyelengaraan heler karena memproduksi beras yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat,” lanjut Bupati.

Sidang paripurna dewan terhadap nota penjelasan bupati ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Irman didampingi Wakil Ketua DPRD Saidani dan dihadiri hampir seluruh anggota dewan serta Sekda Hardiman, pimpinan SKPD, camat, dan wali nagari se Kabupaten Tanah Datar. Irman menyampaikan setelah menerima draf lima Ranperda ini selanjutnya Dewan akan menanggapinya atau memberikan jawaban pada Jumat (26/2) mendatang.

Kemudian pemerintah daerah dijadwalkan memberikan penjelasan atas tanggapan tersebut pada Selasa (1/3/2016) dan terakhir penyampaian pendapat masing-masing fraksi sekaligus penandatangan persetujuan bersama terhadap lima Ranperda tersebut pada Kamis (21/4/2016) mendatang.(doy)