Kasus Mundurnya Delapan Kapuskesmas, Wako: Belum ada Laporan

Selasa, 08 Maret 2016 16:23
Kasus Mundurnya Delapan Kapuskesmas, Wako: Belum ada Laporan

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah membentuk tim investigasi untuk mengetahui mundurnya delapan kepala pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Namun, tim yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer tersebut, belum bisa menyerahkan hasil tim investigasi ke khalayak publik. Ketika ditanya kepada wali kota Pekanbaru Firdaus MT terkait hal tersebut, dirinya menyatakan bahwa belum ada menerima laporan tersebut.

“Belum ada laporan kepada saya. Untuk laporan resmi sendiri memang belum diterima ” katanya, Selasa (8/3/2016).

Untuk delapan kepala puskesmas yang mundur dari jabatan kepala puskesmas tersebut, Firdaus masih memberikan kesempatan kepada mereka untuk seleksi jabatan tersebut.

Baca: Penjual Kolding Nekat Meski Harus Kucing-kucingan

Namun, ketika ada pernyataan dewan yang mengatakan bahwa Pemko harus menyelesaikan investigasi baru membuka seleksi jabatan puskesmas, Firdaus mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan investigasi tersebut.

“Jadi gini, pertama yang delapan ini mundur kenapa dan belum sampai kesaya. Kedua, mereka yang mundur ini kita beri kesempatan untuk ikut asessment. Kalau dari semuanya tidak ada yang mau ikut, kita tunjuk dan panggil satu-satu,” katanya lagi.

Jika memang delapan pejabat yang mundur itu tidak mau menjelaskan secara terbuka maka Pemko akan panggil satu-satu. Pemko juga akan mempertanyakan mereka sebagai pegawai negeri di bidang kesehatan punya jiwa pelayanan atau tidak. “Jadi itu saja,” katanya singkat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer baru-baru ini mengatakan bahwa dirinya belum bisa mempublikasikan kepada khalayak terkait apa yang ditemukan oleh tim investigasi

“Sebenarnya belum maksimal hasilnya, dalam rangka antisipasi mundurnya pejabat pemko, maka dilakukanlah pelelangan jabatan tersebut. Bukan hanya delapan, tapi semua kepala Puskesmas,” kata M Noer.

Dengan adanya dilakukan lelang tersebut, dapat menumbuhkan semangat baru dan betul-betul sesuai dengan yang diharapkan. Untuk hasil sendiri kata M Noer masih belum final dan pelelangan tersebut merupakan salah satu dari rekomendasi yang disarankan.

“Untuk hasilnya sendiri akan disampaikan kepada pimpinan dan tidak dipublikasikan karena itu hak dari pimpinan.  Maka itu pembahasan ini masih belum final,” tutupnya.

Penulis: Iqbal