Kamaruzzaman Minta Poskamling Diaktifkan Maksimal.

Selasa, 01 Oktober 2013 02:36

BERTUAHPOS (PEKANBARU) – Aksi pembobolan rumah kini marak terjadi di Kota Pekanbaru. Pelaku tidak lagi beraksi di malam hari, tapi juga di siang bolong. Kondisi ini sudah sangat meresahkan warga. Pemerintah yang juga ikut bertanggung jawab tentang kenyamanan masyarakat, diharapkan bisa mencarikan solusinya.


Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Kamaruzaman SH, menjelaskan, maraknya aksi pembobolan rumah ini karena kepedulian sebagian masyarakat Kota Pekanbaru terhadap keamanan lingkungannya sudah mulai pudar.

Hal itu dibuktikan, kurang aktifnya Siskamling di lingkungan masyarakat itu sendiri. Karenanya, pemerintah bisa memerintahkan kepada Camat, Lurah hingga RT untuk menggalakkan lagi simpul-simpulkan keamanan di masyarakat.

Seperti halnya Siskamling, ronda malam dan sebagainya. “Kita harapkan aktifkan lagi Siskamling, karena ini perlu. Jangan sampai tunggu banyak warga yang jadi korban maling,” pinta Kamaruzaman.

Baca: Premium Berkurang, DPRD Kota Pekanbaru Belum Terima Data Dari Pertamina

Kamaruzaman memberi apresiasi selama ini terhadap kinerja pemerintah, terkait kenyamanan warga. Diakuinya, selama ini pemerintah sudah melakukan bagaimana agar masyarakat aman. Namun saat pelaksanaannya di masyarakat, tidak dilakukan dengan baik oleh masyarakat itu sendiri. “Kita mengingatkan lagi, untuk mengaktifkannya, tak mungkin semua dihendel oleh pemerintah,” sebutnya saat dikonfirmansi.

Meski demikian, tambah politisi Demokrat tersebut, semua ini tergantung kepada masyarakat. Jika masyarakatnya lalai, maka kejadian serupa dipastikan akan terjadi. Artinya, masyarakat sendiri lah yang harus siap siaga.

“Kalau mau keluar rumah, titip dengan tetangga. Kalau memang ada, pakai terali,” sarannya. Dia juga meminta kepada developer pengembang perumahan (jika warganya tinggal di perumahan), bisa dibantu dengan memasang terali pintu agar lebih aman. (wan)