Jelang Pilwako Pekanbaru 2017, Beberapa Calon Mulai Sosialisasi Diri

Selasa, 08 Maret 2016 15:57

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Jelang pemilihan Walikota Pekanbaru 2017, berbagai nama selain incumbent atau pertahanan menyatakan diri ikut bertarung. Bahkan beberapa orang sudah mulai mensosialisasikan diri dengan atribut sosialisasi.

Pantauan kru bertuahpos.com, terlihat spanduk kecil tersebar di dekat Jalan Sudirman dan Arifin Ahmad. Walau tidak banyak, wajah yang mensosialisasikan lewat baliho itu seperti Said Usman Abdullah yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Pekanbaru. Selain itu ada spanduk Marheylin SH yang juga dipajang di tepi jalan raya.

Menurut pengamat politik, Peri Pirmansyah munculnya berbagai nama hal biasa jelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah. “Istilahnya sedang memanaskan gelanggang politik,” katanya, Selasa (08/03/2016).

Apalagi dari incumbent, Firdaus MT telah terang-terangan menyatakan bakal ikut bertarung menjadi Walikota Pekanbaru. Tidak terkecuali, Ayat Cahyadi. Kader PKS yang saat ini mendampingi Firdaus MT juga dikabarkan bakal maju sebagai Walikota Pekanbaru.

Baca: Sejauh Mana Keseriuasan Pemprov Riau Tangani Gizi Buruk dan Stunting?

Dosen Tata Negara di Fakultas Ilmu Hukum UIN Suska Riau ini memperkirakan masih akan banyak nama yang mencuat. Hanya saja saat ini masih menghitung peluang dalam bersaing pada Pilwako mendatang.  “Akan banyak wajah dan nama baru. Hanya saja sekarang masih malu-malu, belum menonjolkan diri,” tutur Peri.

Mengenai peluang incumbent, Peri menyebutkan keuntungan sebagai petahana, yakni tidak perlu memperkenalkan diri seperti calon-calon yang baru muncul. “Karena incumbent terlebih dahulu dikenal masyarakat,” sebutnya.

Kendati demikian, Incumbent atau pertahana juga memiliki kelemahan. Sebab saat ini tidak ada jaminan incumbent selalu menang. “Jika selama menjabat ternyata banyak kesalahan atau janji-janji kampanye yang tidak terwujud. Pemilih pasti akan berfikir, untuk memilihnya. Karena mereka mempertaruhkan nasib lima tahun mendatang,” kata Peri.

Kepada masyarakat Peri berpesan agar tidak gampang tergiur apalagi menjual suara. “Demi Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu, jangan lah. Karena yang akan dipertaruhkan itu lima tahun. Harus lihat betul-betul seperti apa calon yang akan memimpin Pekanbaru kedepannya nanti,” katanya.

Seperti yang sudah ramai diberitakan, ada beberapa nama yang dikabarkan maju pilwako 2017. Seperti Septina Rusli, istri mantan Gubernur Riau juga dikabarkan bakal kembali bertarung setelah pada Pemilu tahun 2012, kalah dengan pasangan Firdaus-Ayat. Ada juga nama Erizal Muluk, mantan Wakil Walikota Pekanbaru ini juga kabarnya juga siap maju. Lalu Sondia Warman, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru juga dikabarkan meramaikan perebutan posisi menjadi orang nomor satu di Kota Bertuah.Selain nama-nama tersebut, Direktur Utama PD Pembangunan, Heri Susanto, juga akan maju. Bertarung pada Pilwako 2017.

Penulis: Riki