Jawaban Jokowi-Kalla solutif, Prabowo-Hatta kompak

Selasa, 10 Juni 2014 07:13

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Respons calon presiden-wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla atas pertanyaan yang dilontarkan moderator dinilai lebih solutif. Namun, pasangan Prabowo-Hatta lebih kompak.

Menurut Heri, faktor pengalaman menjadi kunci pasangan nomor urut 2 Jokowi-Kalla untuk masuk ke substansi pertanyaan dan memberikan jawaban yang baik. “Kalau dari substansi isi yang disampaikan, pasangan Jokowi-JK lebih solutif,” ujar pengamat politik Heri Budianto saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/6/2014) malam.

Heri berpendapat, jawaban yang lebih solutif itu dilatarbelakangi faktor pengalaman JK. “(Namun) Jokowi juga sampaikan program kerja yang telah dilakukan,” imbuh dia.

Sementara itu, jawaban yang diberikan oleh pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menurut Heri lebih normatif. Mereka dinilai tidak dapat memberikan contoh konkret untuk menjawab permasalahan yang diangkat moderator.

Baca: Riau Akan Rumuskan Perda Pemberian Insentif

“Seharusnya Hatta bisa memberikan contoh karena berpengalaman di pemerintahan. Tapi ternyata tidak keluar. Prabowo-Hatta minim contoh konkret,” kata Heri. Kendati demikian, Heri memberi apresiasi untuk kekompakan Prabowo dan Hatta dalam menjawab pertanyaan.

Menurut Heri, Prabowo-Hatta telah adil berbagi waktu untuk memberikan jawaban. “Dari sisi kekompakan, Prabowo dan Hatta lebih terlihat kerja samanya, dari cara menjawab dan durasi waktu,” sebut dia. (kontan)