Ini Penyebab Masalah Sampah Pekanbaru Tak Kunjung Tuntas

Senin, 29 Mei 2017 23:12

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Permasalahan sampah menjadi satu diantara permasalahan yang tidak pernah terselesaikan di Kota Pekanbaru. Menurut Elvi Yenie, seorang pakar lingkungan, salah satu penyebabnya ialah sistem pengangkutannya.

Seperti yang diutarakannya kepada kru bertuahpos.com, Senin (29/5/2017), sistem pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru khususnya dekat dengan area perumahan masih belum tertib. Elvi mengatakan, saat ini penjemputan sampah belum menentu harinya.

Perempuan yang juga aktif dalam sosialisasi penanggulangan sampah ini mengatakan, minimal proses pengangkutan sampah ialah tiga kali dalam satu minggu. Jika tidak, maka sampah-sampah yang berada di pinggir jalan akan membusuk.

“Di Pekanbaru, sampah organik lebih besar dari anorganik, jika kelamaan diangkut bisa membusuk. Pertanyaannya, jangankan diangkut, kadang juga tidak diangkut,” tegas Elvi Yenie.

Baca: Dinilai Gagal, Parlemen Penjajah Bentuk Pansus “Perang Gaza”

Perempuan berkaca mata ini juga mengatakan, seharusnya pemerintah bisa meniru sistem penjemputan yang berada di luar negeri. “Kita harus meniru negara luar, selain sistem penjemputannya, tata cara penjemputannya juga harus kita tiru. Caranya dengan menggunakan mobil atau fasilitas yang memadai. Tidak seperti sekarang, yang mana atap truk sampahnya masih terbuka,” tutup Elvi Yenie. (bpc9)