Ini Cara Tepat Penyajian Mie Instan

Rabu, 10 Februari 2016 15:52

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Secara kesehatan, mengonsumsi mie instan tidak dibenarkan dan sangat tidak dianjurkan, apalagi dikonsumsi dengan jumlah yang banyak dan secara rutin. Namun, bagi anda yang tidak bisa menghentikan keinginan untuk tetap mengonsumsi mie instan tersebut, sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Agar efek yang biasa ditimbulkan dari konsumsi mie instan tersebut tidak terlalu berdampak buruk.

Sajian instan ini memang terkenal akan kelezatan dan merupakan makanan yang murah meriah yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Dengan proses memasak yang mudah dan cepat, makanan ini kerap dijadikan sebagai makanan tambahan atau bahkan penolong bagi anak kos di tanggal tua.

“Karena mie instan ini mudah didapat dengan harga nya yang murah meriah, juga sering sekali dijadikan sebagai lauk bagi anak kos, apalagi disaat tanggal tua,” ungkap Meli selaku tenaga medis di salah satu klinik di Pekanbaru kepada kru Bertuahpos.com, Rabu (10/2/2016).

Tetapi sejatinya, tidak ada larangan dalam konsumi mie instan ini. Namun, jika disajikan dan dimasak dengan benar dan tidak dikonsumsi mentah, bisa jadi salah satu hidangan alternatif disaat perut lapar atau kantong kering. Sebaiknya juga adakan batasan dalam mengonsumsi mie instan ini.

Baca: DPRD Riau: Bulog Harus Beli dan Berikan Harga yang Bersaing Untuk Gabah Petani

“Memang tidak ada larangan, dilarang ya kenapa itu diproduksi, hanya saja kita konsumsinya harus tepat pula, dan jangan dikonsumsi secara berlebihan, dan ada tata cara yang benar dalam memasak mie tersebut, agar tidak berefek buruk bagi kesehatan,” tambahnya.

Tata cara yang baik dan benar itu dalam penyajian mie instan menurut meli adalah jika memasak mie instan rebus, air rebusan mie tersebut sebaiknya di buang dan diganti dengan air panas yang baru.  “Kalau masak mie rebus, air rebusan nya itu dibuang dan diganti dengan air panas yang baru. Jadi bahan yang terkandung dalam mie tersebut tidak tinggal di air rebusan yang pertama, makanya dibuang,” ujarnya.

Sedangkan untuk mie goreng, setelah air direbus, sebaiknya mencuci mie itu kembali sebelum diratain dengan bumbunya. Dianjurkan juga jika ditambahkan sayuran, dengan maksud untuk menambah nutrisi tubuh, serat pada sayur tersebut akan membuat mie lebih gampang dicerna.

Begitulah cara yang tepat dan benar dalam penyajian mie instan. Sebaiknya harus dilakukan jika ingin sekali menikmatinya. Namun begitu, tetap saja tidak boleh mengonsumsi mie instan dalam jumlah banyak atau secara berlebihan. (Dilla)