ILS SSK II Masih Kategori I, Jaya: Masih Sangat Mumpuni

Jumat, 04 Maret 2016 09:24

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Setiap tahunnya, Provinsi Riau selalu dikepung oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Akibat dari kabut asap tersebut, berbagai sektor kegiatanpun menjadi terhalang, termasuk di bidang penerbangan.

Kendati belum ada kabut asap di Riau, namun titik api sudah mulai bermunculan. Untuk pihak PT Angkasa Pura kantor cabang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II sampai saat ini masih belum mengupayakan peningkatan Instrument Landing System (ILS), untuk membantu pesawat mendarat di kala kabut asap menyerang.

Ketika ditanya kepada General Manager (GM) Angkasa Pura II Jaya Tahoma Sirait, untuk saat ini Bandara SSK II masih menggunakan ILS kategori I. Jika nantinya ada upaya peningkatan, maka yang melakukan hal tersebut adalah Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI)

“ILS kita yang ada saat ini masih sangat mumpuni, namun untuk teknis penggantian yang kompeten itu adalah dari Perum LPPNPI sendiri,” katanya kepada bertuahpos.com, Jumat (4/3/2016).

Baca: Kabut Asap Cara Tuhan Menegur Umatnya

Dikatakan Jaya, pihaknya memang saat ini mengharapkan dua ujung landasan di Bandara SSK II dilengkapi dengan ILS tersebut. Karena, saat ini SSK II baru ada di ujung landasan Runway 36.

“Dari sisi penerbangan memang kategori apapun masih prestisi, cuma untuk ILS kategori I lebih prestisi ketika jarak pandang yang lebih pendek masih bisa mendarat. Jadi tanpa non ILS, pesawat masih bisa mendarat,” jelas Jaya.

Dengan ILS yang ada saat ini, lanjut Jaya, tidak ada masalah untuk mendaratkan pesawat jika jarak pandang bereda di 800 meter. “Jika ditingkatkan lagi bisa sampai di 600 meter, tetapi teknologinya juga harus sejalan dengan pesawatnya. Selain itu, katanya, di Indonesia ini masih banyak bandara yang belum menggunakan ILS dan masih secara visual,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama, ILS merupakan alat Bantu navigasi yang memberi informasi kepada penerbang untuk pendekatan menuju ke landasan.

ILS dimaksud untuk memudahkan penerbang mengadakan pendekatan ke landasan terutama pada waktu cuaca kurang baik, tanpa bantuan ATC seperti menggunakan G.C.A (Ground Control Approach). Karena itu ILS dapat meningkatkan banyaknya pendaratan dari suatu bandara pada segala cuaca.

Penulis: Iqbal