Hari Ini Rapat Pleno Pilgub Riau

Minggu, 15 September 2013 09:49
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Hari ini KPUD Riau akan menggelar sidang pleno rekapitulasi Pilgub Riau. Lebih dari 3.000 aparat keamanan dikerahkan untuk pengamanan.
 
Rapat Pleno KPUD Riau ini akan dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Penghitungan suara ini dilakukan setelah dua hari sebelumnya masing-masing KPU Kabupaten dan Kota telah menggelar sidang pleno terbuka.
 
Rapat pleno ini akan dihadiri sejumlah Muspida Riau, tokoh masyarakat, serta masing-masing kandidat termasuk sejumlah saksi.
 
Informasi yang dihimpun, sidang pleno terbuka ini akan diramaikan aksi unjuk rasa sekelompok massa yang merasa tidak puas atas kinerja KPUD Riau.
 
Namun demikian, Polda Riau sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait aksi demo. Lebih dari 3.000 personil termasuk bantuan pengamanan dari TNI akan diterjunkan untuk mengawal proses jalannya sidang pleno tersebut.
 
“Kita sudah mempersiapkan pengamanan untuk sidang pleno di KPU. Pengamanan mulai dari Lantas, Shabara, Intel, Serse dan Brimob. Termasuk juga bantuan personil dari TNI. Kita berharap pelaksanaan sidang pleno berjalan lancar. Semua pihak kita minta menghormati apapun hasil keputusan KPU,” kata Kabid Humas Polda Riau, AKBP Hermansyah kepada detikcom, Minggu (15/9/2013).
 
Kendati KPUD Riau baru hari ini akan menggelar sidang Pilgub Riau dengan 5 pasangan kandidat, namun hasil penghitungan suara dari masing-masing kabupaten dan kota, terindikasi sudah diketahui siapa pemenangnya.
 
Untuk sementara dari rekapitulasi 12 kabupaten dan kota, jago Golkar, Annas-Andy Rachmad nomor urut 2 ini menempati urutan teratas. Hanya saja diperkirakan hasil pengumpulan suara tidak mencapai 30 persen.
 
Selanjutnya disusul, pasangan nomor 1, Herman Abdullah-Agus yang maju lewat partai non parlemen. Herman mantan walikota dua kali menjabat ini bisa menempati urutan kedua. Di susul, pasangan no 4, Achmad-Masrul yang maju lewat Demokrat. Posisi ke empat, nomor urut 5, jago PAN (Jon Erizal-Mambang Mit) dan terakhir nomor urut 3 jago PDIP-PKB (Lukman Edy-Suryadi).
 
 
(detik.com)