Hari Ini Bengkalis dan Dumai Terbanyak Sumbang Hotspot di Sumatera

Minggu, 06 Maret 2016 11:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sempat diguyur hujan lokal di sejumlah tempat, ternyata tidak kurangi titik api atau hotspot di Riau. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat Bengkalis dan Kota Dumai, Provinsi Riau paling banyak sumbang hotspot di Sumatera.

Seperti yang disampaikan Kepala BMKG Riau, Sugarin melalui Kepala Seksi Informasi, Slamet Riyadi kepada kru bertuahpos.com. “Hari ini ada 69 titik api se Sumatera, paling banyak berasal dari Riau 53 titik dan sisanya Sumatera Utara (Sumut) 16 titik,” sebutnya, Minggu (06/03/2016).

Selain itu sejak awal Maret ini, asal hotspot di Riau masih wilayah-wilayah yang sama. Seperti Bengkalis 19 titik, Dumai 18 titik, Kepulauan Meranti tujuh titik, Siak enam titik, serta Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu), dan Indragiri Hilir (Inhil) masing-masing satu titik. “Sedangkan untuk jarak pandang atau confidence di atas 70 persen ada 37 hotspot. Bengkalis 14 titik, Dumai 16 titik, Meranti empat titik, Siak dua titik, dan Indragiri Hilir satu titik,” kata Slamet.

Selain itu Slamet menyebutkan hasil pantauan BMKG Riau melalui satelit titik api di Bengkalis paling banyak berada di Kecamatan Bengkalis, lalu Bukit Batu, Mandau, dan Rupat. Sedangkan Dumai titik api paling banyak di Kecamatan Bukit Kapur lalu ada di Dumai Barat. Ada juga di Kecamatan Sungai Apit di Kabupaten Siak.

Baca: Asap Riau, Sektor Bisnis Lumpuh

Akibat banyaknya titik api  jarak pandang atau visibility disejumlah titik mulai kabur. Seperti Pekanbaru jarak pandang Lima kilometer, Rengat tiga kilometer, Dumai tujuh kilometer, Pelalawan lima kilometer.

Sedangkan untuk info cuaca angin secara umum dari arah Utara hingga Timur dengan  kecepatan  05 – 15  knots (09 – 27 km/jam). Temperatur maksimal 32.0 – 35.0 celcius, dan Kelembaban Maksimal 94 – 97 persen.

“Pada umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata dan bersifat lokal diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian tengah, barat dan selatan pada sore dan malam hari,” sebut Slamet.

Penulis: Riki