Harga BBM Sudah Patut untuk Diturunkan

Sabtu, 06 Februari 2016 15:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mengingat turunnya harga minyak dunia, maka sudah sepatutnya harga Bahan Bakan Minyak (BBM) untuk ditutunkan. Menurut Anggota DPR RI Komisi XI, Jon Erizal, langkah pemerintah untuk menurunkan harga BBM di saat situasi minyak dunia juga jatuh, tentunya akan membuat beban masyarakat berkurang.

“Hal-hal yang berkaitanlah, misalnya BBM. Dalam kondisi harga minyak dunia seperti ini, sudah saatnya BBM itu diturunkan.  Setidaknya, masyarakat dan pengusaha kecil, biaya untuk membeli bahan bakar jadi turun. Dan ini bisa berdampak pada sektor ekonomi yang lain. Harga minyakkan turun sekrang,” katanya. tutup telinga untuk mengeluarkan kebijakan menurunkan harga BBM. Harusnya pemerintah punya respon cepat untuk melihat situasi dan kondisi yang terjadi saat ini.

Jatuhnya harga minyak dunia sejak akhir tahun 2015 lalu, memang sempat mencuat pembahasan mengenai turunnya BBM. Sejumlah pengusaha transportasi juga segera melakukan pembahasan persoalan tariff angkutan umum. Namun demikian, untuk di Riau sendiri, Pemerintah Provinsi Riau sepakat untuk tidak menurunkan tarif angkutan umum untuk Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan alasan turunnya harga BBM masih terkalu sedikit.

Setidaknya, Kata Jon Erizal, langkah pemerintah harus runtut dan cepat. Kebijakan itu harus mengacu pada kondisi yang terjadi saat ini. Padahan, jika kebijakan munurunkan tarif transportasi dangan mengacu pada turunnya harga BBM, maka akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Baca: Plt Gubri Ternyata Pernah Jadi Supir Fahri Hamzah

“Hal-hal lain juga harus begitu. Kemarin sudah ada kebijakan pendapatan tidak kena pajak. Dan itu porsinya sudah sangat lumayan. Kami dari legislative berharap tentunya hal itu bisa ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat bisa merasakan dampak langsung. Tentuanya ada semacam bantuan lain-lain yang sifatnya juga meringankan,” sambungnya.

Dia melihat selama ini, keseriusan pemerintah untuk memberikan keringan kehidupan, khususnya dalam memudahkan ekonomi, pemerintah dinilai belum berpihak ke rakyat kecil. Tidak sedikit, kebijakan-kebijakan yang seharusnya dilakukan justru dilakukan hal yang bertolak belakang. Padahal secara rill saat ini, yang dibutuhkan masyarakat adalah dukungan yang mampu member keringanan, terutama menyangkut ekonomi masyarakat terkait kebijakan menurunkan harga BBM. (melba)