GM AP II Akui Parkiran Bandara Over Kapasitas

Kamis, 03 Maret 2016 17:13

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – GM Angkasa Pura II Cabang Pekanbaru Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Jaya Tahoma Sirait mengakui bahwa kapasitas parkir di bandara telah over kapasitas.

“Untuk parkiran sendiri saat ini pada saat-saat tertentu sudah over kapasitas dan ada rencana penambahan untuk parkir inap dan pengeteman taksi, kurang lebih ada 94 kendaraan lagi untuk penambahan parkir,” katanya, Kamis (03/03/2016).

Total dengan adanya penambahan tersebut, Bandara SSK II sendiri akan bisa menampung 550 kendaraan pada saat bersamaan. Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk saat ini jumlah penampungan kendaraan sebanyak 450 parkir.

Disinggung mengenai keamanan parkir bandara sendir, Jaya mengatakan bahwa sudah melakukan pengoptimalan terhadap keamanan bandara. Fasilitas yang dilengkapi untuk keamanan parkir adalah dari segi IT sendiri.

Baca: Sekda Rohil: Sebelum Berangkat Haji, Selesaikan Segala Utang Piutang Terlebih Dahulu

“Yang pertama memang dari segi IT yang paling dioptimalkan yakni sistem informasi perparkiran masuk dan keluar satu pintu dan terdeteksi dengan baik. Untuk sistem yang berlaku umum saya kira juga kita terapkan disini,” sambung Jaya.

Selain itu, dengan adanya penambahan pintu masuk dan keluar yang akan diberlakukan pada tahun ini, juga akan ditambah CCTV yang terintegrasi dengan baik satu sama lainnya.

“Selama satu tahun belakangan ini saya memang belum menerima kendaraan yang hilang, bahkan kendaraan yang tidak diambil oleh penumpang kita akan kordinasikan kepada pihak kepolisian,” terangnya lagi

Selain itu, untuk menunjang perparkiran di Bandara SKK II, pihak Angkasa Pura akan memperluas lahan parkir. Untuk pembebasan lahan juga tidak perlu dilakukan, karena lahan tersebut masih milik Angkasa Pura.

Sementara itu, Lia salah satu pengunjung di Bandara SSK mengakui bahwa parkir di SSK II saat ini sudah terlalu ramai. Bukan hanya itu saja, parkir tersebut juga jarang di jaga oleh petugas parkir.

“Parkir di bandara sendiri saya melihat memang sudah terlalu padat, terkadang terlihat semraut dan tidak tertata dengan rapi. Belum lagi petugas parkir juga tidak ada, kalaupun ada jarang ada ditempat,” keluhnya.

Tidak sampai disitu saja, akibat dari tidak adanya petugas parkir, dirinya menceritakan bahwa beberapa kali sempat kehilangan helm di bandara tersebut. “Dua kali helm hilang, seharusnya petugas parkir harus ada ditempat,” katanya.

Penulis: Iqbal