DPRD Sebut Mutasi Pejabat Eselon III dan IV ada Keganjilan

Jumat, 19 Februari 2016 10:57

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan mutasi untuk pejabat eselon III dan IV. Meskipun demikian, pelantikan tersebut dinilai memiliki kejanggalan dari pejabat di lingkungan Pemko tersebut.

Pasalnya, pejabat yang dilantik tersebut ada yang dipindahkan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan tidak mendapat jabatan atau non job. Untuk menyikapi hal tersebut, Komisi III DPRD Pekanbaru akan memanggil Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru.

Menurut keterangan Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Nofrizal, jika tidak ada halangan pemanggilan tersebut akan dilakukan pada Senin (22/2/2016). Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah melayangkan surat untuk pemanggilan tersebut.

“Pemanggilan BKD tersebut merupakan proses pengawasan dari DPRD sendiri kepada kinerja pemerintah terlebih lagi kepada satuan kerja yang bersinergi dengan kita. Selain itu, DPRD akan pertanyakan pelantikan tersebut ada embel-embel dibelakangnya atau tidak,” kata Nofrizal, Jumat (19/2/2016).

Baca: Quorum Tercapai, Sidang Paripurna Pengesahan RTRW Resmi Dilanjutkan

Dari rapat dengan pendapat tersebut, kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, nantinya akan diketahui apakah pantas atau tidak pejabat yang dilantik tersebut. “Nanti akan tahu juga ada permainan apa di mutasi kemarin,” tegasnya.

Nofrizal sendiri juga merasa heran ketika mendengar laporan adanya mutasi yang tidak sewajarnya tersebut. Seharusnya, dalam suatu mutasi Badan Pertimbangan Jabatan Dan Kepangkatan (Baperjakat) dan BKD harus mampu dan melakukan pertimbangan yang matang.

“Harus ditinjau dari berbagai aspek, tidak boleh hanya satu aspek. Salah satu tujuan mutasi pejabat inikan sebagai bentuk promosi mereka, penyegaran dan juga memperkuat posisi walikota dalam menjalankan tugas-tugasnya melayani masyarakat,” papar Nofrizal.

Maka daripada itu jika pejabat yang dimutasi beberapa waktu lalu tidak memiliki kemampuan di bidangnya, maka akan berdampak pada kinerja walikota. “Tentu akan mengalami hambatan-hambatan. Saya harap jangan sampai mutasi itu nantinya ada muatan politis,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru melakukan mutasi 131 orang pejabat eselon III dan IV. Pejabat tersebut terdiri dari 49 pejabat esselon 3a dan 3b, 73 pejabat esselon 4a dan 9 pejabat esselon 4b. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru M Noer MBS. (iqbal)