DPRD Kabupaten Tanah Datar Kamrita Tinjau Lokasi Longsor di Sumpur

Sabtu, 06 Juni 2020 08:35
DPRD Kabupaten Tanah Datar Kamrita Tinjau Lokasi Longsor di Sumpur

BERTUAHPOS.COM, TANAH DATAR– Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar dari Fraksi Gerindra Kamrita, Jumat (5/6) tadi meninjau lokasi longsor di jorong Kubu Gadang Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan.

Kepada media ini Kamrita menjelaskan bahwa, pihaknya dari DPRD Tanah Datar maupun DPC Gerindra Tanah Datar sejak kejadian Rabu lalu telah memberikan bantuan moril maupun materil.

“Seperti pakaian selimut sembako dan tenda darurat,” kata Kamrita.

Dia berharap korban longsor untuk sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan.

Baca: Mahasiswa Ancam Dobrak Pagar Kantor Wali Kota

Seperti diberitakan sebelumnya akibat curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Nagari Sumpur kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar,I’m mengakibatkan terjadi Longsor di  Kandang Itik Jorong Kubu Gadang sekitar pukul 19.45 WIB, Rabu (3/6) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor itu, namun 3 unit rumah warga rusak milik  Ema, Saf Malano, Zulfahmi dan M.Nur serta satu unit Musholla Alkautsar.

Menurut Informasi dari Kepala Jorong Nagari Reza Erffan Bahwasanya Penghuni Rumah yang berada di sekitar Longsor tersebut telah di ungsikan

Untuk sementara Akses Jalan raya yang menghubungkan Sumpur – Malalo terputus tidak bisa di lalui oleh Kendaraan karena tertimbun material longsor.

Sejak Kamis kemarin hingga Jumat (5/6) hari ini, pasca longsor, pemerintah nagari Sumpur dibantu warga serta TNI dan Polri berjibaku mengevakuasi material longsor.

Dan jalan raya Sumpur – Malalo sudah bisa dilalui satu arah.

Walinagari Sumpur A.Datuk Saripado Nan Ketek mengatakan bahwa warga korban longsor sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman, dan sementara waktu kerugian materil belum bisa ditaksir, karena pihaknya masih fokus evakuasi material longsor.

Sementara kejadian longsor ditempat yang sama sudah yang kedua kalinya.

“Memang ditempat ini sudah kali kedua longsor karena wilayahnya cukup labil dan rawan jika terjadi hujan deras,” kata Walinagari Sumpur. (bpc19)