Donor Darah di Bulan Puasa, Ini Waktu yang Dianjurkan PMI

Jumat, 02 Juni 2017 12:26

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Saat berpuasa, bagi pendonor darah tentu boleh melakukan donor darah. Akan tetapi hal tersebut harus sesuai dengan anjuran dari tenaga medis donor darah tersebut.

Nah, biasanya di saat berpuasa kondisi tubuh sering lemah. Hal ini disebabkan kurangnya pasokan nutrisi makanan dan minuman saat sahur. Hal inilah yang menjadi pengahalang bagi pendonor yang ingin melakukan donor darah saat puasa.

“Boleh-boleh saja, tapi kebanyakan orang mau mendonorkan darah saat berpuasa, tapi kondisi saat puasa tidak memungkinkan rasanya seseorang untuk melakukan donor darah. Sedangkan saat puasa kita membutuhkan asupan nutrisi dalam tubuh,” ujar Indah salah satu tenaga medis di PMI Pekanbaru, kepada bertuahpos.com, Jumat (2/6/2017).

Baca: ​Bolehkah Donor Darah Saat Berpuasa ?

Baca: Agen Ditolerir Naikkan Harga Elpiji Hingga 10 Persen

Seperti yang dilakukan PMI Pekanbaru, menganjurkan untuk para pendonor darah, melakukan donor darah setelah buka puasa atau malam hari. Ditakutkan jika pada siang hari, kondisi tubuh pendonor akan bertambah lemah.

“Kita anjurkan, jika pendonor ingin melakukan donor darah, kita suruh mereka datang malam. Karena setelah buka puasa daya tahan tubuh akan bertambah, sehingga mudah untuk melakukan pengambilan darah. Kalau siang hari takutnya kondisi pendonor memburuk,” tutup Indah.

Jika Anda yang ingin melakukan donor darah, PMI Pekanbaru juga melayani pendonor darah yang datang langsung ke lokasi yang berada di Jalan Diponegoro. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam. (bpc11)