Ditanya Soal Sekda, Plt Gubri Balik Wawancara Wartawan

Kamis, 25 Februari 2016 10:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pelaksana Tugas (Plt) Gubenur Riau Arsyadjulaindi Rachman membalikkan pertanyaan yang diajukan rekan media, agar dijawab oleh kawan-kawan wartawan.

Saat itu, pertanyaan yang diajukan ke Andi Rachman soal tipe Sekretaris Daerah (Sekda) seperti apa yang dinginkan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

“Sekarang coba saya tanya. Kawan-kawan mau tipe Sekda yang seperti apa?” ujarnya.

Menanggapi pertanyaan itu, sejumlah wartawanpun menjawab pertanyaan itu. Diantara karakteristrik Sekda yang dinginkan itu adalah, pejabat yang memiliki tipe:

Baca: Pemain Kepri FC Bermain Keras, Supporter PSPS Berang dan Kecewa

“Yang seiring sejalan, Pak.”

“Apalagi,” tanya Andi Rachman.

“Orang yang bisa menjembatani antara legislatif dan pemerintah.”

“Terus, apa lagi.”

“Pejabat itu jangan sampai berselisih dengan Plt Gubernur.”

“Apa lagi,” sambung Andi Rachman

“Kalau sudah tak ada selisih paham, artinya sudah jalan semua, Pak.”

“Ha, kan sudah lengkap itu,” ujarnya sambil menahan tawa.

Dia menegaskan bahwa saat ini, tim Panitia seleksi untuk pemilihan Sekda sudah dibentuk oleh Pemerintah Provinsi Riau. Sistemnya terbuka untuk umum. Saat ini, proses penetapan calon Sekda Provinsi Riau sedang berlangsung.

Untuk penetapan Sekda ini, Andi Rachman menegaskan bahwa prosesnya terbuka untuk umum. Namun demikian, tetap ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon yang ingin duduk diposisi Sekda tersebut.

“Kita ikutilah persyaratan, prosedur dan aturannya. Insya Allah sebelum Pak Yafis memasuki masa pensiun posisi Sekda sudah terisi. Saat ini kita sedang persiapkan semuanya,” kata Andi Rachman.

Sebelumnya, posisi Sekda yang dipegang oleh Zaini Ismail, dicopot dan digantikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Riau M Yafis, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Riau. Ketika itu juga muncul kabar tidak sedap bahwa tersingkirnya Zaini Ismail dari posisi itu disebabkan hubungannya yang tidak harmonis dengan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Dirinya pernah membantah kabar tidak sedap itu, pada saat hari pelantikan M Yafis diangkat sebagai Plt Sekda. Ketika itu, Zaini Ismail sendiri bahkan mengaku dirinya tidak mendapat kabar soal acara prosesi pelantikan yang dilangsungkan di Ruang Melati lantai III kantor Gubernur Riau.

Penulis: Melba