Dinas Koperasi dan UKM: 32 pasar di Rohul akan direhabilitasi

Jumat, 24 Januari 2014 17:15

BERTUAHPOSPOS.COM, PEKANBARU – Pada tahun 2014 Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Riau telah menganggarkan rehabilitasi 42 pasar tradisional. Daerah yang mendapatkan program itu antara lain, Pelalawan, Rokan Hilir (Rohil), dan Rokan Hulu (Rohul).

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Riau, Indra Bangsawan kepada bertuahpos.com Jum’at (24/01/2014). “Kita akan rehab atau membangun los baru untuk pasar desa yang berlokasi 5 di Pelalawan, 5 untuk Rohil, dan 32 di Rohul,” ujarnya.

Pembagian itu disesuaikan dengan permohonan yang telah diajukan masing-masing daerah pada tahun sebelumnya. “Seperti Rohul meminta perbaikan 50 pasar. Setelah kita bahas dan kuota hanya untuk 42, maka diputuskan hanya direhabilitasi 32 pasar,” tambahnya. Jumlah anggaran yang akan digelontorkan nanti sebesar 180 juta tiap lokasi, dialokasikan lewat APBD. “Daerah lain belum mengajukan,” jawabnya saat ditanyakan mengapa hanya pasar di tiga kabupaten yang akan direhab.

Saat ini pihaknya belum bisa pastikan kapan program itu berjalan, karena masih dalam proses pembentukan panitia. “Kalau perangkatnya sudah terpilih, selanjutnya kita lelang. Baru bisa direalisasikan,” sebutnya.

Baca: 39 penghulu kampung dilantik oleh Bupati Siak

Indra mengatakan perbaikan pasar di desa-desa dirasa perlu agar pedagang serta pembeli merasa nyaman saat bertransaksi. Jadi tidak hanya pasar di ibukota kecamatan saja yang terlihat bagus. “Setidaknya pasar di desa-desa tidak lagi becek. Supaya pengunjung yang datang bersih, pulangnya juga bersih,” tutupnya. (riki)
Â