Darah Bersimbah di Pantai Saat Puluhan Lumba-Lumba Dibantai

Rabu, 22 Januari 2014 19:15

BERTUAHPOS.COM, TAIJI – Nelayan Jepang yang mengumpulkan sekitar 30 lumba-lumba ke peraian dangkal dan membantainya, menyembunyikan hasil buruan mereka di balik terpal. Sementara protes atas perburuan tahunan ini makin memuncak.

Setiap tahun, nelayan Taiji, Prefektur Wakayama Prefecture, berburu lumba-lumba, mengumpulkannya di sebuah pantai sepi dan menyeleksinya. Sebagian lumba-lumba dijual ke pemilik akuarium untuk pertunjukkan dan sisanya dibunuh untuk dikonsumsi.

Selasa (21/1), Reuters melaporkan setidaknya sudah lebih dari 200 lumba-lumba dikumpulkan di Taiji sejak Jumat pekan lalu. Sebelum pembantaian di mulai, nelayan menutupi kumpulan lumba-lumba dengan terpal agar tak diketahui orang luar. Meski demikian, darah tetap bersimbah di sepanjang pantai.

”Lumba-lumba yang akan dikonsumsi ditikam kepalanya menggunakan batangan logam di kepala lumba-lumba lalu ditinggalkan hingga mati. Lumba-lumba yang masih hidup dilepaskan ke laut,” kata aktivis Sea Shepherd Conservation Society Melissa Sehgal.

Baca: Bayi Zakaria Penderita Hydrocefalus di Pekanbaru Akan Dioperasi

Jepang mempertahankan penangkapan lumba-lumba sebagai tradisi karena tak ada hukum internasional yang melarang mengingat lumba-lumba belum kritis jumlahnya.

Kyodo Newa mengutip perkataan Gubernur Prefektur Wakayama Yoshinobu Nisaka, ”Tradisi makanan bervariasi dan ini kearifan lokal yang harus dihormati.” Nelayan Taiji sendiri menolak berkomentar kepada media.(republika.com)

Â

Berita Terkini

Sabtu, 11 Juli 2020 21:18

Kalimat Inspirasi Para Tokoh yang Mendunia, Yuk Pelajari

#KALIMAT MENDUNIA

Sabtu, 11 Juli 2020 17:33

Fakta Tanah Gambut Riau, Terdalam di Dunia

#TANAHGAMBUT

Sabtu, 11 Juli 2020 17:22

2 BLK di Riau Akan Dikelola Pusat Pada 2021

#REGIONAL

Sabtu, 11 Juli 2020 15:29

Jaga Aset Penelitian dengan Digital

#KOMUNITAS

Sabtu, 11 Juli 2020 14:50

Kenapa UMKM Harus Manfaatkan Digital?

#VIDEO

Sabtu, 11 Juli 2020 12:19

Apa Itu TMC? Bagaimana Fungsinya?

#TEKNOLOGI #INSIGHT