Ceramah Ramadan, Ustad Syamsul: Syirik Bisa Menggugurkan Amal

Sabtu, 10 Juni 2017 23:03

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sabtu malam (10/6/2017), pelaksanaan ceramah Ramadan menjelang pelaksanaan salat tarawih berjamaah di Masjid Alkautsar, Jalan Rajawali Sakti, Panam, Pekanbaru, diisi oleh Ustad Syamsul. Dalam ceramah singkatnya, beliau mengankat tema syirik.

Ustad yang masih muda ini menerangkan, dalam bahasa Arab, Syirik mempunyai arti menyertai. Menurut istilah, syirik berarti seseorang menjadikan tandingan bagi Allah dalam hal yang hanya menjadi hak Allah SWT. Syirik merupakan dosa yang paling besar sebagaimana sabda Rasulullah saw.

Ustad Syamsul juga menjelaskan, syirik bisa menggugurkan amalannya. Selain itu, beliau juga menjelaskan syirik terbagi menjadi dua, yakni syirik besar dan syirik kecil. Syirik Besar adalah bahwa seseorang menjadikan sekutu selain Allah yang ia sembah dan taati, sama seperti ia menyembah dan mentaati Allah. “Syirik besar besar dosanya tidak akan diampuni Allah, menggugurkan amalannya. Sementara, syirik kecil adalah menyamakan sesuatu selain Allah dengan Allah dalam bentuk perkatan atau perbuatan. Syirik kecil masih bisa diampuni Allah,” ujar Ustad Syamsul.

Diakhir ceramahnya, Ustad Syamsul mengajak keseluruh jemaah yang hadir, agar membuang jauh-jauh sifat syirik. “Mari sama-sama kita buang sifat ini. Sifat ini akan menjauhkan kita dari rasa ketentraman,” tutupnya. (bpc9)

Baca: Giliran Gerinda Buka Penjaringan Calon Wako dan Wawako Pekanbaru