Cegah DBD dengan Giatkan 3M

Jumat, 11 April 2014 14:43
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih saja muncul di tengah masyarakat. Termasuk di Pekanbaru yang ditemukan 35 kasus mulai awal 2014 ini.

Untuk mencegah penyakit ini meluas, Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru menghimbau warga untuk giat melakukan pemberantasan sarang nyamuk.
 

Seperti yang disampaikan Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Diskes Pekanbaru Hamdan kepada bertuahpos.com. “Masyarakat juga harus turut serta menjaga lingkungan, memberantas sarang nyamuk. Jangan biarkan nyamuk penyebab DBD bersarang,” sebut Hamdan di ruangannya Jumat (11/04/2014).


Tentunya dengan kegiatan Menguras Menutup Mengubur (3M) plus menabur Abate. “Dengan begitu kita mencegah nyamuk Aedes aegepty berkembang biak, sehingga penyebaran DBD bisa dicegah,” tuturnya.


Selain itu ia berharap masyarakat menggiatkan kembali program gotong royong. “Bisa juga dengan bergotong royong, membersihkan sanitasi lingkungan jangan sampai tersumbat, dan barang yang bisa membuat air tergenang jangan lupa dikubur,” ulasnya.


Dirinya tak lupa mengingatkan masyarakat untuk segera melapor bila terdapat tanda-tanda kasus DBD. “Dengan laporan yang cepat, kita akan bisa segera lakukan penanganan untuk memutuskan mata rantainya. Sehingga DBD tidak meluas ke wilayah lain,” himbaunya. (riki)

Baca: Gempa 6,1 SR Guncang Nias Malam Ini, Tak Berpotensi Tsunami

cleardot.gif