Bupati yang Dilantik Jangan Lupakan Janji Kampanye

Rabu, 17 Februari 2016 14:05

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjulaindi Rachman menegaskan agar bupati kabupaten/kota yang sudah dilantik untuk segera pulang ke daerah masing-masing, agar bisa menyelesaikan janji-janjinya kepada masyarakat saat kempanye lalu.

“Pulang ke daerah masing-masing. Segera bahas soal janji-janji mereka. Segera membicarakan apa yang sudah dijanjikan pada kampanye. Bicarakanlah itu,” katanya, usai pelantikan bupati, di gedung daerah, Rabu (17/02/2015).

Pada saat pelantikan, ke empat bupati tersebut langsung melakukan penandantanganan pakta integritas, sebagai komitmen bahwa kepala daerah ini taat pada aturan hukum dan tidak melakukan korupsi.

Andi rachman menambahkan, semua janji-janji saat kampanye itu dituangkan dalam visi misi daerah kemudian disingkronkan dalam Rencana Pembangunan Menengah Daerah atau RPJMD, untuk penganggarannya.

Baca: 19 Titik Api di Sumatera, Udara di Riau Berkabut

( Baca : Anak Suku Sakai Dilantik, Akan Seperti Apa Bengkalis? Ini Kata Bupati Baru)

“Jangan lupa. Hal itu juga harus bersinergi dengan program kegiatan nasional provinsi dan kabupaten. Supaya bisa melakukan pembangunan yang lebih efektif dan optimal. Apalagi kondisi daerah Riau saat ini,” sambungnya.

Melihat situasi keuangan daerah Provinsi Riau yang dilakukan pengurangan karena harga minyak dunia yang turun, tentunya akan berdampak juga pada penurunan Dana Bagi Hasil atau DBH, yang selama ini menjadi topangan keuangan daerah.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD Riau, tahun ini yang hanya bisa diterima lebih sedikit. Tentunya akan sangat memberikan pengaruh terhadap proses pembangunan Riau, termasuk daerah-daerah di Provinsi Riau.

“Semua turun sekarang. Harga minyak turun. Daya beli masyarakat juga turun. Ini akan mempengaruhi terhadap PAD masing-masing kabupaten/kota terus melakukan rapat internal untuk membahas ini,” sambungnya.

Hasil pemilukada serentak yang berlangsung pada tanggal 09 Desember 2015 lalu, meski memunculkan polemik, proses itu sudah berlangsung. Dari kepala daerah terpilih itu, empat diantaranya sudah dilakukan proses pelantikan. Diantaranya bupati Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Inhu, Kabupaten Meranti dan Kota Dumai.

“Sejauh ini masih berlangsung sesuai rencana. Hanya saja saya kembali mengulangi bahwa kepala daerah yang sudah dilantik harus segera melakukan koordinasi secara cepat. Agar tugas-tugasnya segera terselesaikan,” ujarnya. (Melba)