Bupati Rohil Minta Segera Tanam Pohon Penghijau di Area Yang Sudah Ditetapkan

Rabu, 10 Februari 2016 18:11
BERTUAHPOS.COM (BPC), ROHIL – Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno berencana membuat sejuk sepanjang jalan Perwira dengan cara ditanami pohon peneduh dititik yang sudah ditentukan. Kabar penanaman pohon pun langsung ditentukan Bupati rohil yang didampingi Kepala Dinas Pasar, Ibus Kasri.
 
Dia mengangggap, untuk daerah kawasan Jalan Perwira, Bagan Siapiapi sudah layak untuk dijadikan sebagai lokasi penanaman pohon. Dengan demikian, langkah ini tentunya akan memberi kesan berbeda kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan.
 
Dia mencontohkan, salah satu jenis pohon yang layak untuk ditanam adalah jenis pohon ketapang kencana. Pihak Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sudah mempersiapkan jenis bibit itu, dan dalam minggu ini kegiatan penamanan pohon sudah bisa dilaksanakan.
 
 “Saya anggap sudah selayaknya seluruh jalan utama kita tanami pohon penyejuk. Pohan yang akan kita tanam yaitu  Pohon Ketapang Kencana. Bibit sudah kita siapkan, dalam minggu ini siap untuk dikerjakan,” ungkapnya, kepada awak media, Rabu (10/02/2016) di Bagansiapiapi.
 
Lebih lanjut dijelaskan Bupati, wacana ini sebelumnya sudah pernah dibahas bersama Kepala Dinas Pasar. Namun agar hal itu bisa terealisasi tentu harus mempersiapkan bibit pohon yang akan ditanam.
 
Namun demikian, kata Bupati, terlebih dahulu pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Jika tidak ada halangan. Dalam minggu depan prosesi penanaman pohon itu sudah bisa direalisasikan.
 
“Tinggal pelaksanaan saja saya rasa, setelah koordinasi mungkin minggu depan sudah bisa dimulai penanaman pohon tersebut,” ujar Bupati dengan singkat.
 
Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pasar, Ibus Kasri, juga ikut turun langsung untuk meninjau lokasi yang akan direncanakan tersebut bersama Bupati. Bupati Suyatno menginginkan agar Jalan Perwira suatu saat nanti menjadi teduh, hijau dan asri.
 
“Lokasi penghijauan hanya berkisar antara Kantor Pos, Telkom dan sekitarnya serta sampai sekira depan Mapolsek Bangko. Sedangkan sepanjang jalur tersebut sudah ada pohon peneduhnya,” pungkasnya.
 
Dari pantauan bertuahpos, di lokasi yang akan direncanakan penghijuan ini memang terasa sangat panas jika siang hari. Maka dari itu, bupati mengharapkan agar Kab Rohil suasananya terasa sejuk.(Adv/Ar)