Bupati Bengkalis Angkat Bicara Soal Kebakaran Lahan

Senin, 14 Maret 2016 13:44

BERTUAHPOS.COM (BPC), BENGKALIS– Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi  di beberapa kecamatan dan desa  di Kabupaten Bengkalis, membuat Bupati Bengkalis, Amril Mukminin tidak tinggal diam. Orang nomor satu di Bengkalis ini memerintahkan para camat tidak boleh lengah.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin  mengatakan kepada kru bertuahpos, Senin(14/03/16) setiap saat seluruh jajaran di seluruh kecamatan dan desa memantau dengan intens. “Kita akan menanyakan  situasi dan perkembangan lahan di wilayahnya masing-masing, camat tidak boleh lengah dan tetap berkoordinasi dengan  petugas  lapangan,” ujar Amril.

Amril juga mengingatkan kepada seluruh camat agar bisa turun langsung  bukan hanya sekedar terima kabar  tetapi  bila perlu turun langsung ikut memadamkan api. “Sebagai mana yang sedang terjadi  saat ini kebakaran di kecamatan Bantan dan Bengkalis, kebakaran tersebut terjadi rata-rata terjadi di lahan yang  bertanah gambut, lahan gambut ini besifat   sangat mudah terbakar dan  sangat sulit untuk dipadamkan,” ujar Amril.

Saat ini personil TNI, polri dan petugas pemadam kebakaran  masyarakat, dan para pemilik lahan  sedang berusaha memadamkan  kebakaran yang terjadi dilokasi kebakaran tersebut.

Baca: Lurah Bandar Raya dan Bhabinkamtibmas Tinjau Posko Karhutla

 Namun saat memadamkan api terjadi begitu banyak kendala  di lapangan, seperti kurangnya pasokan air,  dan lokasi kebakaran yang jauh dari sumber air dan terpaksa harus menunggu pasokan dari mobil pemadam kebakaran, dan  lokasi kebakaran juga sangat jauh dari jalan membuat mobil pemadam kebakaran sulit untuk masuk.

Amril juga mengingatkan agar camat dan kepala desa berkerja sama serta agar melibatkan  seluruh prangkat-prangkat desa seperti  Kepala Dusun ,RW,RT, pemilik lahan dan masyarakat  ikut memadamkan api.

“Kepada para penegak hukum agar  lebih tegas lagi dalam menangani kasus  kebakaran ini, agar para pembakar lahan ini bisa di berikan sanksi tegas, karena telah menyebabkan kebakaran,”ujar Amril.

“Masyarakat jika tidak mau di penjara maka, jangan  membersihkan lahan dengan membakar. Karena itu akan berakibat fatal dan membuat  api menyebar dan  mengakibatkan kebakaran, dan jangan sesekali memerun (membakar sampah, red). Untuk  saat ini karena di musim panas ini api sangat mudah untuk menyebar,” katanya.

Penulis: Sifa