BKKKBN Turut Bina Ekonomi Keluarga

Selasa, 25 Februari 2014 17:43
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Riau tak hanya berperan dalam menangani pembinaan keluarga berencana saja. Kepala BKKBN Riau Drs Indrawarman M MSc, saat Rapat Kerja daerah (Rakerda) BKKBN Riau di Hotel Premiere, Selasa (25/02/2014) mengingatkan fungsi BKKBN juga harus mencakup pembinaan ekonomi keluarga.

“BKKBN juga bisa melakukan pembinaan terhadap ekonomi keluarga dengan garapan UPPKS (usaha peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera),” ujarnya. 

Menurut Indrawarman, melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang tersebar di Riau BKKBN bisa melakukan penyaluran dan pembinaan melalui dana bergulir. Pembinaan bisa pada tingkat Bina Keluarga Balita, bina keluarga remaja. 

Ia berharap program pembinaan ekonomi keluarga tersebut terwujud di Riau. Sehingga BKKBN tidak sekedar mengatur tingkat pertumbuhan penduduk saja. Sesuai fungsi BKKBN di bidang keluarga berencana dan keluarga sejahtera.

Finora Ningsih, Ketua UPPKS Sumber Rezeki di RW 10 Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru mengaku merasa terbantu dengan program dari BKKBN tersebut.  “Sebelumnya kami berusaha sendiri-sendiri. Dengan berkelompok usaha seperti ini kami bisa terbantu untuk membuat produk secara bersama,” ujarnya.

Baca: Piala Dunia, Tak Menghalangi Pemain Muslim Berpuasa

Namun ia berharap pemerintah bisa memberikan modal tambahan untuk menambah produksi kelompok usahanya. “Saat ini kami masih mengandalkan iuran anggota dengan sistem simpan pinjam. Jadi modal yang terkumpul terbatas,” paparnya. (riki)