Biro Kesra Masih Menghindar Ditanya Beasiswa

Senin, 15 Februari 2016 12:45

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kepala Biro Kesra Provinsi Riau hingga saat ini masih saja terlihat menghindar ketika ditanya perihal proses pencairan beasiswa untuk mahasiswa S1, tahun 2016.

Kepala KepalaBiro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Oyong Ezeddin, terkesan menghindar saat  ditanya sejauh mana kelanjutan  beasiswa tersebut.

Sikap menghindar Oyong terhadap media soal informasi beasiswa itu bukan sekali dua dia tunjukkan. Hal serupa juga pernah terjadi pada akhir tahun lalu. Disaat banyak mahasiswa yang telah megajukan berkas proposal beasiswa, menanyakan kejelasan soal anggaran itu. Dia bahkan melimpahkan, bahwa wewenang itu adalah tugas Humas Pemprov Riau. “Tanya Kepala Biro Humas,” katanya, Senin (15/2/2016) di Pekanbaru.

Dia juga tidak memberikan keterangan pasti soal proses persiapan administrasi kelengkapan berkas calon penerima beasiswa itu, apakah sudah dalam tahap proses pencairan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, atau belum.

Baca: Bioskop XXI Ciputra Buka Lowongan Kerja Minimal SMA/SMK

( Baca : 2000 Proposal Beasiswa 2015 Akan Cairkan Tahun Ini)

Dia hanya melempar pernyataan untuk menunggu. Dan menyebutkan bahwa proses itu sedang berlangsung. “Kalau juga mau cepat. Kami tak bisa kasih kepastian. Pemerintah Provinsi Riau melanjutkan kegiatan pembayaran beasiswa mahasiswa yang sempat dibekukan dalam anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD Riau tahun 2015 lalu. Dengan jumlah anggaran sebesar Rp5,740 miliar disiapkan untuk 1.640 calon penerima.

Disinggung mengenai mekanismenya, Oyong mengatakan pencairan hanya untuk proposal yang telah diseleksi. Nantinya diajukan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau untuk selanjutnya dikirim ke Bank Riau-Kepri dan diteruskan ke rekening masing-masing mahasiswa.

Akibat dibekukannya pencairan anggaran bantuan untuk beasiswa perguruan tinggi di Riau tahun 2015, Pemerintah Provinsi Riau kemungkinan besar akan memberi peluang bagi mahasiswa yang terjadi penundaan pencairan itu, untuk dimasukkan dalam rencana pencairan bantuan beasiswa ditahun 2016 ini.

( Baca :Beasiswa 2015 Dibekukan, Apakah Ada Beasiswa Untuk 2016? Ini Penjelasannya)

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan dan Agama, Kesra Provinsi Riau, Sartibi kepada bertuahpos.com, Kamis (14/01/2016). “Otomatis kemungkinan besar daftar itu juga yang akan dipakai,” katanya.

Sementara itu, jikapun tahun ini akan dilakukan pembukaan kembali bantuan beasiswa itu, kata Sartibi, mungkin akan dimasukkan dalam pagu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, menjelang akhir tahun 2016 nanti.

Dia menjelaskan untuk sementara ini, keputusan itu diambil mengingat, bahan pengajuan beasiswa yang sudah dilakukan verifikasi ditahun 2015 belum dilakukan pencairan. “Anggarannyakan belum tahu, jadi kita juga tidak tahu berapa kuota yang akan kita buka untuk beasiswa mahasiswa tahun ini,” tambahnya.

Untuk sementara ini, dirinya menyebutkan belum ada pengurangan jumlah nominal bantuan yang akan diterima mahasiswa, lewat bantuan beasiswa Pemprov itu, nominalnya adalah, Rp 3,5 juta perorangnya. Data-data itu tentunya akan menjadi prioritas pihak Kesra untuk dikucurkan bantuan. Untuk tahun 2015 lalu, bantuan anggaran beasiswa yang masuk dalam buku APBD angkanya sekitar Rp 5,7 miliar. Hitung-hitungannya dengan anggaran itu hanya mampu mengcover 1.640 orang.

“Pencairannya tidak di Kesra lagi, tapi dibagian keuangan. Kami hanya ditugaskan untuk lakukan seleksi dan verifikasi berkas proposal yang masuk,” sambungnya.

Sebelumnya pencairan beasiswa untuk 2015 sudah dibekukan dan tidak akan dicairkan, dengan alasan waktu pencairan beasiswa itu sangat sedikit, dan dianggap tidak mungkin bisa dilakukan. Pertimbangan lainnya juga menyangkut mekanisme pencairan dengan proses yang cukup panjang.

Pemerintah Provinsi Riau menyepakati bahwa untuk pencairan beasiswa tahun 2015 dihentikan, dan dimasukkan dalam pagu anggaran pendapatan belanja daerah atau APBD murni 2016 ini.

Dia menambahkan ada sebanyak 2000 lebih, dari lebih kurang 10.000 proposal beasiswa mahasiswa di Riau yang masuk, tidak bisa dilakukan pencairan, sebab terkena masalah waktu. Sementara untuk tahun ini, pihak Kesra Pemprov Riau belum bisa memberi kepastian berapa kuota untuk beasiswa 2016. (Melba)