Banyak Tidak Sehat, Koperasi di Riau Berkurang

Jumat, 24 Januari 2014 14:28

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jumlah koperasi baru yang beroperasi di Riau tahun 2013 semakin berkurang. Sebagian besar koperasi divonis sakit dan  terpaksa dibubarkan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Riau, Indra Bangsawan, kepada bertuahpos.com Jum’at (24/01/2014). “Data yang kita himpun terdapat sekitar 26 % koperasi yang sakit. Dan 74% koperasi yang berada di Riau masih sehat,” katanya.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jumlah Koperasi Perkotaan di Riau tahun 2013 tercatat 6.125 buah dengan anggota sebanyak 629.567 orang. Dari 6.125 buah koperasi tersebut memiliki volume usaha sebesar 2,38 triliun rupiah dan SHU sebesar 0,14 triliun.

Kata Indra pihaknya terus memantau koperasi-koperasi yang dicatat tidak sehat. “Kita tetap menurunkan tim untuk memantau itu (koperasi tidak sehat), kalau memang tidak bisa diperbaiki lagi, ya di nonaktifkan,” sebutnya. Dan untuk pembubaran, itu merupakan keputusan dari pemerintah daerah. Baginya yang terpenting saat ini bagaimana agar koperasi yang sehat terus tumbuh mandiri. “Lebih bagus berkurang jumlahnya, tapi berkualitas. Daripada besar kuantitas, namun malah merugi,” ujarnya. (riki)

Baca: Dijadwalkan Hadir, Empat Menteri ke Rohil