Fadlah: Biro Perjalanan Harus Sering Promosi Wisata Riau

Jumat, 24 Januari 2014 14:41

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Meski jumlah kunjungan wisata Riau dari wisatawan nusantara dan mancanegara mengalami peningkatan. Namun itu dinilai Chairman of Riau Tourism Board, Fadlah Sulaiman, SH., MM, masih kurang. Hal itu disampaikannya kepada bertuahpos.com beberapa waktu lalu. “Kita mengharapkan para biro perjalanan lebih banyak membuat paket wisata ke Riau,” ujarnya.

Karena menurut Fadlah potensi yang dimiliki Riau tergolong besar. Ia mencontohkan, pemilik jasa paiwisata bisa menawarkan paket berkunjung ke beberapa daerah di Riau kepada wisatawan Nusantara dan Mancanegara. “Seperti sehari ke Batam, lalu ke Tanjung Pinang, dan terakhir ke Pekanbaru. Karena di Riau masih banyak lokasi wisata yang bisa di explore,” katanya. Menurutnya ada tiga indikator untuk menentukan pariwisata sukses. “Kunjungan ke daerah meningkat, wisatawan betah berlama-lama tinggal, dan terakhir jumlah belanjanya semakin besar,” ujar Fadlah. Bila itu terpenuhi barulah pariwisata suatu daerah dikatakan berhasil.

Selama 2013 tercatat 53.790 wisatawan mancanegara (wisman). Jumlah itu didominasi pelancong asal Malaysia, Singapura, serta China. Dan ia meyakini jumlah itu bisa terus meningkat bila para biro pejalanan turut serta promosikan wisata Riau. Fadlah kembali menghimbau agar semua eleman bersinergi mendukung pariwisata Riau terus tumbuh. (Riki)

Baca: Masyarakat Harap Jembatan Siak Cepat diuji Beban