Bank Sampah Untuk Generasi Muda Peduli Lingkungan

Rabu, 29 Januari 2014 11:49

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru– Salah satu program Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru tahun 2014 adalah merencanakan adanya Bank Sampah. Subtansi diadakannya Bank Sampah agar mengajak masyarakat mulai dari generasi muda sampai tua untuk mencintai lingkungan, peduli lingkungan, saling menjaga kebrsihan dan memelihara lingkungannya.

Demikian hal itu dikatakan Walikota Pekanbaru Firdaus kepada sejumlah wartawan di kantornya, Rabu (29/01/014). Menurutnya, adanya Bank Sampah  dibuat agar pola berfikir generasi muda mengerti dan mau menjaga kebersihan diikuti dengan prilakunya sehari-hari.

“Program bank sampah merupakan filosofi yang dalam yang kita tanamkan kepada masyarakaat dan generasi muda kita. Dengan mengurus sampah dengan baik, lingkungan kita menjadi bersih, sehat, dan menjadikan masyarakat yang sehat dan produktif.

Selain itu, ditambahkannya, adanya sampah tidak hanya menjadi sesuatu yang tidak bernilai atay sesuatu yang menjadi masalah, tetapi kita harus bisa melihat, bahwa disampah itu masih ada  segi ekonomi yang bisa dimanfaatkan. Hal itu akan dibuktikan dengan adanya program Bank Sampah oleh Pemko Pekanbaru.

Baca: Masih Banyak Belum Rekam e-KTP, Warga Pekanbaru Diminta Tidak Lalai

Diterangkannya, sasaran utama dari program Bank Sampah adalah sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru. Saat ini sudah ada 80 sekolah negri dari 300 sekolah sudah mulai melakukan program Bank Sampah. Tujuannya kepada anak sekolah memberikan kesan kepada generasi muda untuk bisa mencintai lingkungannya.

“Mereka (pelajar,red) harus pintar melihat sesuatu, yang tidak berguna menjadi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Inilah hal yang kita harapkan, pelajar dapat melihat sesuatu dalam kondisi yang tidak berguna menjadi sesuatu yang berpotensi untuk di jadikan nilai tambah dalam kehidupan,” pungkasnya. (Syawal)
Â