Bangdes Inginkan Komitmen Gubri

Jumat, 28 Februari 2014 15:17
Bangdes Inginkan Komitmen Gubri
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU-  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPM Bangdes) Provinsi Riau mengharapkan agar Gubernur Riau H Annas Maamun berkomitmen terhadap program penyaluran dana pembangunan Rp 500 juta per desa.

Menurut Kepala BPM Bangdes Riau H Daswanto, kepada wartawan, Jumat (28/2/14), jika program Rp 500 juta per desa terlaksana, akan ada alokasi dana bantuan untuk desa dan kelurahan sebanyak Rp920 miliar. Belum lagi komitmen Gubernur untuk membangun rumah layak huni, sebanyak tiga buah per desa/kelurahan dengan harga rumah Rp80 juta per rumah.

“Tentu akan dibutuhkan dana sekitar Rp441,6 miliar. Diperkirakan dana bantuan keuangan ini akan mencapai Rp1,361 triliun,” jabarnya.Â

Dengan nilai rupiah yang cukup besar itu, sangat diharapkan adanya komitmen dari Gubri dan bupati/walikota se Riau. Sehingga bisa menjadi gerakan bersama membangun desa secara masimal.

Â
“Komitmen bersama ini sangat perlu, karena Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa mengamanatkan tujuan pembangunan desa adalah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana,” bebernya.

Baca: 800 Mahasiswa UIN Suska Riau Diwisuda Hari Ini

Program bantuan desa dari Pemprov Riau ini untuk menyediakan prasarana dan sarana dasar untuk mendukung peningkatan usaha ekonomi di tingkat desa. Sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha ekonomi mikro lokal dan mengurangi pengangguran di tingkat desa. (syawal)