Awal Tahun, Barang Elektronik Akan Dijual Dengan Harga Baru

Rabu, 08 Januari 2014 16:52

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Seiring dengan masih melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika, mengakibatkan kenaikan sejumlah harga produk elektronik. Sehingga pedagang sering mendapat keluhan dari para konsumen. Hal ini di sampaikan Yudi, Suvervisor di toko Duta Elektronik di jalan HR Soebrantas kepada Bertuahpos.com, Rabu (08/01/2014). “Perubahan harga dolar terhadap rupiah tentu mempengaruhi harga jual kita,” ujarnya dari meja kasir.

Kenaikan harga terjadi pada seluruh merek merek elektronik ternama. Hal itu dibenarkan Ranti, suvervisor di toko Bintang Terang Elektronik. “Semenjak tiga bulan yang lalu harga ngak stabil. Karena pengaruh nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar,” katanya. Ia mengatakan Produk LG mengalami kenaikan yang signifikan dari merek lain. Jika dirata rata selisih harga sekitar Rp 100.000. “Yang merek Sharp, Philip dan lainnya naik juga sedikit,” tambahnya. Dan itu memicu berkurangnya daya beli masyarakat. “Kalau magic com, dispenser, setrika, mereka tetap beli  karena harganya tidak terlalu besar. Untuk item lain seperti TV, Mesin Cuci kebanyakan konsumen memilih untuk tidak membeli,” sebutnya

Pihaknya kerap mendapat keluhan dari konsumen mengenai perbedaan harga tersebut. “Terkadang mereka kira kita menaikkan harga sepihak,” ujar wanita berjilbab ini. Namun ia menambahkan saat ini beberapa penyuplai barang elektronik sudah mulai menyiapkan harga baru untuk produknya awal tahun 2014.

Baca: Pemprov Himbau UMKM Riau Jalin Kerjasama dengan Perbankan