Awal Cik Puan Dari Pasar Lingkungan

Sabtu, 07 Januari 2017 00:41
Awal Cik Puan Dari Pasar Lingkungan

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU TEMPO DULU – Pasar Cik Puan merupakan satu dari sekian banyak pasar di Kota Pekanbaru, tepatnya berada di wilayah Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Nama lain dari Pasar Cik Puan yaitu Pasar Inpres yang didirikan pada tahun 1978. Sumber UPTD Pasar Cik Puan menyebutkan, jika dilihat dari letak geografis, Pasar Cik Puan berada pada posisi yang sangat strategis, yaitu berada di tengah-tengah Kota Pekanbaru dan dekat dengan pusat perbelanjaan modern.

Pasar Cik Puan Pekanbaru sebelum menjadi salah satu pasar tradisional yang besar, pada awalnya hanyalah berupa pasar lingkungan Kecamatan dengan sarana dan prasarana seadanya, yaitu  berupa  kios-kios, los dan kaki lima, untuk  menampung atau memenuhi kebutuhan masyarahat sekitarnya dan berada di bawah wewenang Kecamatan Sukajadi.

“Namun seiring dengan berkembangnya Kota Pekanbaru, pasar ini berkembang menjadi besar seperti saat ini, hal tersebut sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin bertambah jumlah penduduknya,” kata Zakaria, salah seorang padagang di pasar itu.

Pasar Cik Puan Pekanbaru didirikan di atas tanah milik Pemerintah Daerah Pekanbaru, dengan luas tanah lebih kurang 1965 meter per segi. Di pasar ini ada ratusan jumlah pedagang yang menjual pakaian, sepatu, barang harian, makanan dan minuman, ikan, ayam potong, sembako, semua jenis barang-barang yang umumnya ada di pasar tradisional ini.

Baca: SPBU di Siak Hanya Boleh Layani Pembelian Jerijen Maksimal 20 Liter

Pasar Cik Puan Pekanbaru merupakan salah satu pasar yang ada di kota Pekanbaru. Selain Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru memiliki 13 pasar tradisional dari 12 kecamatan dan berkembang sebagai pusat perbelanjaan masyarakat. Ke 13 Pasar tersebut terletak secara berpisah dan tersebar di kecamatan-kecamatan yang ada di kota Pekanbaru.

Penulis: Melba Ferry Fadly