Atasi Karhutla, Peran Polhut Riau Belum Dimaksimalkan

Kamis, 08 Juni 2017 14:18

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi momok menakutkan bagi Riau. Semua orang jadi risih dibuatnya. Bahkan ada banyak sektor perekomian di Riau mandek. Oleh sebab itu berbagai cara pencegahan dan penanggulangan dilakukan.

Namun, sepertinya ada satu instansi yang seolah terlupakan peran aktifnya. Padahal instansi ini mempunyai tugas dan peran penting, karena bersentuhan langsung dengan wilayah kerjanya di sektor kehutanan.

“Berdayakan Polisi Hutan (Polhut). Sekarang mereka itu tidak jelas,” ujar Pengamat Kehutanan Provinsi Riau, Tommy Freddy, Kamis (8/6/2017).

Pria biasa disapa Freddy ini menjelaskan, kini Polhut di setiap kabupaten sudah ditarik ke Provinsi. Sehingga tidak ada aktifitas jelas bagi mereka. Mau dikemanakan? Sedangkan latar belakang Polhut itu memang menjaga hutan.

Baca: Menguak Keberadaan Mante, Suku Hobbit Aceh yang Dianggap Punah Namun Dipercaya Masih Ada

Baca: Kapolda Riau: Setahu Saya, Baru 3 Pelaku Karhutla Dipenjara 2017 Ini

“Pengawasan hutan sebetulnya sudah ada polhut yang menjaga, rolling saja seminggu,” tegasnya.

Seharusnya, kata dia, pemerintah mendirikan pos di daerah rawan terbakar. Langkah itu bisa saja dilakukan dengan menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan pengelola lahan. Supaya langkah monitoring lebih efisien.

“Kerjasama dinas dengan perusahaan tidak berat, kok. Dudukkan 3 tiga orang di daerah titik rawan terbakar, agar ada koordinasi jika melihat titik api, mereka bisa mengejar langsung tanpa menunggu lama. Kalau tidak bakar aja semua,” tutup Freddy. (bpc9)