Asyik, BI Pekanbaru Panen Bawang

Rabu, 05 Maret 2014 14:51
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Hari ini, Rabu (05/03/2014), Bank Indonesia (BI) Cabang Pekanbaru, panen bawang hasil kebun percontohan di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Terpadu (SMKPT), Pekanbaru.
 
Bawang yang ditanam di kebun seluas satu hektar tersebut merupakan kebun bawang percontohan hasil kerja sama BI dengan SMKPT pada bulan Januari 2014 kemarin.
 
Acara panen bawang bersama ini, dihadiri oleh Ketua Tim Moneter BI Pekanbaru, Muhammad Abdul Madjid Ikhram, Kepala Sekolah SMKPT Agus, dan perwakilan BI Pekanbaru. Selain itu juga turut dihadiri guru-guru SMK serta anak-anak SMKPT. 
 
Ketua Tim Moneter Bank Indonesia Perwakilan Pekanbaru Muhammad Abdul Madjid Ikhram, kepada bertuahpos.com mengatakan program ini merupakan bentuk tanggung jawab BI untuk terus memantau peningkatan produksi bawang percontohan. Sebab sebagian besar holtikulura Riau masih diimpor dari daerah lain dan negara tetangga. Itulah yang sering kali menyumbang inflasi di Riau.
 
“Uji coba ini ternyata lumayan bagus. Walaupun hasilnya kurang maksimal, tapi manurut kami, cukup memuaskan sebagai percontohan. Kalau bisa, percontohan ini bisa terus berlanjut dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya. 
Program ini juga membuktikan kalau bawang pun bisa ditanam di Pekanbaru, di atas lahan gambut.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMKPT, Agus menuturkan, hasil tanaman percontohan itu menunjukkan pertumbuhan yang cukup bagus. Jumlah umbi per satu buah bawang bisa tumbuh 5-6 buah. 
 

“Sudah lumayan baguslah, apa lagi ini masih percobaan bagi anak-anak. Bisa dikatakan sudah berhasil meskipun belum maksimal,” tandasnya. (syawal)