Asisten II Prov Riau: Meski Terganjal Pembebasan Lahan, Proyek Tol Sudah Dimulai

Jumat, 02 Juni 2017 14:06

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Asisten II Setdaprov Riau, Masperi menegaskan bahwa proyek pembangunan jalan bebas hambatan (tol) Pekanbaru-Dumai sudah dilaksanakan oleh PT Hutama Karya, meski masih ada sejumlah lahan dalam kawasan itu belum kelar pembebasannya. “Pengerjaan jalan tol itu sudah dimulai,” katanya, Jumat (2/6/2017). 

Untuk proses pembebasan lahan sendiri, kata dia, sudah sampai 65% dan pada Juni nanti Badan Pertanahan Nasional (BPN) pastikan masalah itu kelar 100%.

Kendalanya setakat ini, kata Masperi hanya persoalan teknis saja. Karena masalah pembebasan lahan itu pengerjaan tol jadi terputus. Pihak PT Hutama Karya sendiri sudah memnita agar Pemprov Riau segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan itu.

“Mereka inginnya ada satu pintu selesai dikerjakan, misalnya di pintu Pekanbaru-Duri. Kalau jalur ini selesai kan bisa langsung dimanfaatkan,” tambahnya. 

Baca: Pekanbaru Terpapar Asap Karhutla, Diskes Bagi-bagi Masker

Baca: Tindak Lanjut Ratas dengan Presiden, Jalan ke Kuala Enok dan Tanjung Buton Segera Dibangun

Soal pembebasan lahan itu, dia mengatakan, saat ini tergantung pada hak konsesi PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI). Namun untuk menyelesaikan itu masih berbenturan dengan RTRW. Sebenarnya, ketika CPI sudah memberikan izin, artinya lahan itu sudah menjadi milik negara. Namun tetap saja harus ada bukti tertulisnya. 

“Sebenarnya terhadap lahan itu memang tidak bisa dilakukan ganti rugi karena statusnya milik negara. Namun bangunan di atasnya itu yang menjadi masalah,” tambahnya. (bpc3)