Asap Takkan Hilang dari Riau

Selasa, 04 Maret 2014 07:49
Asap Takkan Hilang dari Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU– Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Zulkifli Yusuf memastikan, bencana kabut asap yang terjadi di Riau tidak akan pernah hilang dari bumi Lancang Kuning sampai kapan pun.

Hal itu diungkapkannya saat hearing dengan Satuan Kerja (Satker) penanggulangan kabut asap di ruangan medium kantor DPRD Riau. “Tanda asap itu tanda kehidupan. Jadi, asap di Riau ini takkan mungkin hilang, sebab 60 persen masyarakat Riau masih berkiprah di pertanian,” ungkapnya.

Hanya saja untuk bertani itu tidak boleh merusak lingkungan. “Knalpot kendaraan asap juga, tapi yang dimaksud itu, asap yang bisa dikendalikan yang tidak berdampak terhadap kehidupan dan ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu,  Ketua DPR Riau Djohar Firdaus mengungkapkan hal serupa. Menurutnya mungkin saja, Riau tidak bisa bebas dari asap. Hanya saja yang harus dicari solusinya, bagaimana supaya asap tidak merugikan seperti sekarang ini.

Baca: Sepak Bola Bupati Cup Inhil Ditunda

Djohar menilai, kebakaran sekarang sudah besar dan meluas. Jika seperti ini terus berlanjut, semua pihak akan terganggu mulai dari penerbangan, transportasi darat rawan kecelakaan, dan terjadi pembodohan bagi anak yang terpaksa diliburkan.

“Dampaknya hampir semua sektor dengan bencana asap ini. Termasuk ke sektor perekonomian,” imbuhnya. (syawal)