Arti Lampion Bagi Umat Tionghoa

Sabtu, 01 Februari 2014 15:17

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Lampion adalah sesuatu yang tidak  bisa dilupakan dalam tradisi Imlek dan Cap Go Meh, menjelang datangnya tahun baru cina kita akan melihat banyaknya lampion yang digantung di toko – toko maupun kantor – kantor sekaligus dengan ucapan selamat Imlek.

Riri (21) warga tionghoa yang ditemui bertuahpos.com kamis (31/1/14) mengatakan lampion yang digantung didepan rumah bertujuan sebagai penerang, karena sifat lampion yang menerangkan diharapkan dengan datangnya tahun baru kehidupan akan dimudahkan dan selalu diberi petunjuk oleh dewa.

 

Dibalik lampion berwarna merah tersebut ternyata ada cerintanya loh… Menurut legenda cina lampion yang berwarna merah itu ditujukan untuk menakuti “Nian” raksasa yang sering mencari mangsa disetiap malam pergantian tahun cina.

Menurut koko Hendra (35) kepada bertuahpos.com, “tradisi yang dilakukan kaum muda menyambut Imlek sekarang bukan berdasarkan legenda melainkan hanya untuk memeriahkan datangnya tahun baru saja”. Dia juga mengatakan kebanyakan kaum muda sekarang jika ditanya mengenai asal usul mengapa lampion berwarna merah atau mengapa dimeriahkan dengan mercun dan kembang api mereka tidak akan bisa menjawab itu. Disitulah peran orang tua dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat Imlek seperti nenek moyang dahulu karena pelajaran ini tidak akan dapat disekolah umum.(smr)

Baca: Harga Rp100 Ribu, Disperindag: Masyarakat Kurangi Makan Cabai