Alexander Kerzhakov Selamatkan Rusia dari Kekalahan

Rabu, 18 Juni 2014 07:32

BERTUAHPOS.COM, CURITIBA – Aleksandr Kerzhakov menjadi pahlawan Rusia ketika menghadapi Korea Selatan pada laga grup H di Arena Pantanal, Rabu (18/6/2014). Golnya menyelamatkan tim Beruang Merah dari kekalahan dan menahan imbang Korea Selatan 1-1.

Rusia sanggup menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-74. Gol balasan ini berawal dari tendangan keras Alan Dzagoev dari sisi kiri kotak penalti Korea Selatan. Bola hasil tendangan Dzagoev masih bisa ditepis Jung Sung-Ryong di tiang dekat, namun memantul kembali ke area permainan. Aleksandr Kerzhakov kemudian memanfaatkan kemelut di depan gawang dengan tendangan datarnya.

Atas gol ini Kerzhakov sekaligus mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah persepakbolaan Rusia. Gol tersebut membuat penyerang Zenit St. Petersburg menyamai Vladimir Beschastnykh sebagai pencetak gol terbanyak Rusia sepanjang sejarah.

Korea Selatan unggul  terlebih dahulu pada menit ke-68. Gol Taeguk Warriors tercipta melalui aksi individual pemain pengganti, Lee Keun-Ho, dari separuh lapangan. Setelah giringannya mendekati kotak penalti, Lee Keun-Ho melepaskan tendangan keras kaki kanan. Bola hasil tendangan Lee mengarah tepat ke arah tangkapan dua tangan Akinfeev. Sayang, bola justru lepas dari tangkapan Akinfeev sehingga jatuh pelan ke dalam gawang.

Baca: Dinilai Rusak Jalan, Warga RW 24 Rowo Bening Hadang Pembangunan Tower XL

Pada awalnya Rusia sanggup membuat pertahanan Korea Selatan terancam. Pada menit ke-31 tendangan Sergei Ignashevitch dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri bawah sanggup ditepis Jung Sung-Ryong.

Rusia kembali menciptakan peluang bagus semenit usai turun minum, lagi-lagi melalui tendangan dari luar kotak penalti. Sepakan Viktor Faizulin kembali sanggup diamankan oleh Jung Sung-Ryong.

Perlahan Korea Selatan balik mengancam pertahanan Rusia. Sebelum unggul, Korea Selatan empat kali membuat Igor Akinfeev harus bekerja keras. Tendangan Koo Ja-Cheol , Ki Sung-Yueng, dan Kim Young-Gwon dari luar kotak penalti sanggup diamankan Akinfeev. Nama terakhir yang mencatatkan 70 pemampilan bersama Rusia kembali menggagalkan peluang Korea Selatan melalui sundulan Hong Jeong-Ho dari tengah kotak penalti.

Atas hasil imbang ini kedua tim sama-sama membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Atas nilai satu angka yang mereka kantongi membuat Rusia dan Korea Selatan menduduki peringkat kedua klasemen sementara grup H, setingkat di bawah Belgia yang mengoleksi tiga angka.(Tribunnews)