Akses Sumbar Riau Putus, Berikut Harga Sembako Pekanbaru Hari Ini

Selasa, 09 Februari 2016 15:02

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Meskipun akses Sumatra Barat (Sumbar) Riau terputus, harga sembako yang bertuahpos.com himpun dari beberapa pasar di Pekanbaru, pada Selasa (9/2/2016) relatif normal.

Meskipun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan tetapi tidak begitu signifikan dan bukan pengaruh dari putusnya Akses Sumbar Riau yang di terjang Banjir beberapa hari lalu hingga saat ini.

Untuk harga beras Pandan Wangi mengalami kenaikan dari harga Rp 13 ribu per Kg kini menjadi Rp 15 ribu per kg dan Anak Daro daro Rp 13 ribu per kg kini naik menjadi Rp 14 ribu per kg. Hal serupa juga terjadi pada harga beras Mundam mengalami kenaikan Rp 1000 per Kg. Sementara beras Bulog telah lebih dulu mengalami kenaikan sejak akhir tahun dari Rp 5 ribu per kg naik menjadi Rp 10 ribu per kg.
Menurut informasi dari pedagang Sembako pasar Cik Puan Pekanbaru Yeti mengatakan, kenaikan harga beras asal Sumbar seperti Anak Daro, Mudik dan Mundam telah mengalami kenaikan sekitar 2 hari yang lalu.

Sementara untuk minyak goreng curah naik dari harga Rp 8 ribu per kg nenjadi Rp 10 ribu per kg. Komuditi kacang, Kacang Hijau berada di harga Rp 20 ribu per Kg, Kacang Tanah Rp 23 ribu per Kg, Pulut putih normal diharga Rp 16 ribu per kg. Kenaikan harga terjadi pada Pulut Hitam, setiap kilonya mengalami kenaikan Rp 4 ribu, dari harga Rp 16 ribu per kg kini menjadi Rp 20 per Kg.

Baca: Atasi Maksiat di Inhil, Satpol PP Targetkan 20 Kali Operasi Yustisi

Menurut Yeti, penyebab kenaikan pulut hitam karena pasokan kualitas pulut hitam terbaik tersedia di Sumatra Barat sementara pasokan jenis Pulut putih, banyak dipasok dari luar dearah selain Sumbar.

“Kalau pulut hitam ini agak sulit, kualitas terbaik hanya tersedia di Sumbar, sedangkan pulut putih bisa dipasok dari daerah Jawa sana,” tambahnya.

Harga gula pasir normal di harga Rp 12 ribu per kg. Komoditi cabe merah Medan normal diharga Rp 28 sampai 30 ribu per kg, bawanga merah 18 ribu per kg murah, bawang putih Rp 28 ribu per kg.

Kebutuhan pangan jenis sayur mengalami kenaikan, pada hari ini daun bawang (bawang prei) bisa diharga Rp 18 per Kg naikenjadi Rp 24 ribu per Kg, Buncis biasanya normal diharga Rp  12 ribu per Kg, naik kembali diharga Rp 15 ribu per Kg, harga tomat normal di harga Rp 16 ribu per kg. Ikan:  tenggiri 45 per kg, Daging bertahan di harga Rp 110 per kg.

Sementara telur ayam ras, justru turun sejak seminggu lalu dari Rp 42-46 ribu per 30 butir (satu papan) kini menjadi Rp 39-42 ribu.

“Sudah mulai turun dari agen, turun harga Rp 20 rupiah per butir, kamarin yang harga 39 ribu ini kita jual 42 ribu dan sudah seminggu turunnya,” jelas Arista pedagang telur ayam di pasar Kodim Pekanbaru. (nova)

Berita Terkini

Kamis, 09 April 2020 17:00

Polres Pekanbaru Belum Tetapkan 2 ASN Penerima Dana Calo Sebagai Tersangka

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Meski Jaksa menyebutkan terdakwa Wandri, biro jasa, bersama-sama dengan dua ASN Kantor Imigrasi Pekanbaru, Krisna Olivia dan Salman Alfarisi (berkas penuntutan terpisah)…

Kamis, 09 April 2020 13:31

Gubri Masih Kaji Kemampuan Daerah Untuk PSBB

REGIONAL

Kamis, 09 April 2020 10:24

Abu Bakar Ba’asyir Ajukan Asimilasi ke Jokowi

NASIONAL