Maret Ini, Xpress Air Pekanbaru Buka Rute Internasional ke Malaka

Selasa, 09 Februari 2016 15:17

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Satu lagi operator penerbangan yang berencana membuka rute baru dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau. Kalau tidak ada aral melintang maskapai Xpress Air secara resmi bakal layani rute internasional yakni Pekanbaru ke Melaka pulang pergi.

Seperti yang dituturkan, Station Manager Xpress Air Pekanbaru, Rizon Jayadi kepada kru bertuahpos.com. “Awal Maret kita rencanakan terbang perdana Pekanbaru-Melaka,” katanya, Selasa (09/02/2016).

Rizon menjelaskan pihak Xpress Air tertarik membuka rute Pekanbaru-Melaka sebab maraknya masyarakat Riau yang pergi berobat ke Malaysia. Sehingga pihaknya juga ikut membuka rute tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi alternatif. “Selain segmen mereka yang berobat atau medical, kita juga lihat ada market yang pleasure atau berwisata,” kata Rizon.

Rencananya rute Pekanbaru-Melaka ini akan dilakukan sebanyak empat kali dalam seminggu, sementara itu harganya berkisar mulai dari Rp 600.000. Ada pun penerbangan ini akan menggunakan pesawat jenis Dornier 328 – 100, dengan kapasitas penumpang sebanyak 32 orang. “Pesawat ini cocok bagi pasien yang akan berobat ke luar negeri,” katanya.

Baca: Maknyos, Soto Betawi Ayam Ukoffie Hanya 19K

Sebelumnya Xpress Air telah sukses membuka jalur penerbangan dari Pekanbaru menuju Tanjung Pinang pulang pergi dan rute Pekanbaru – Palembang pulang pergi pada Desember 2015 yang lalu.
Dengan dibukanya penerbangan menuju Melaka ini oleh XpressAir, maka akan menambah pilihan bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa transportasi udara.

Sebelumnya, maskapai Malindo Air telah menerbangi rute Pekanbaru – Melaka pergi pulang ini dengan frekuensi terbang sekali setiap harinya pada pukul 12.50 WIB. “Walau sudah ada yang buka rute ini, kita tidak khawatir. Kita optimis dengan layanan yang kita punya. Dan untuk harga, kita kompetitif. Jadi tidak khawatir bersaing,” kata Rizon.

Sebagai informasi, dari data Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) yang didirikan di bawah Kementerian Kesehatan Malaysia, menyebutkan wisatawan media asal Riau terus meningkat tiap tahun. Saat ini setidaknya jumlah warga Riau yang datang ke Malaysia untuk berobat sekitar 2.000 orang per bulan. (Riki)