​Bolehkah Donor Darah Saat Berpuasa ?

Jumat, 02 Juni 2017 10:32

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Saat berpuasa tentu alangkah baiknya jika kita mendonorkan darah kepada orang yang membutuhkan. Apalagi di saat bulan puasa, jika kita Ikhlas memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain, maka amal yang kita peroleh akan berlipat ganda. Tapi sebagian dari pendonor khawatair, jika mendonorkan darah, maka puasanya akan batal.

Indah Permata Umairoh, salah seorang tenaga medis donor darah (PMI) mengatakan, boleh saja jika seorang yang sedang berpuasa ingin mendonorkan darahnya. Namun, saat menjalankan ibadah puasa, tentunya banyak hal-hal yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan donor darah. Bahkan sebagian para pendonor darah tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah saat berpuasa. Karena seseorang yang ingin melakukan donor darah harus memiliki kesehatan yang baik, barulah dapat mendonorkan darah saat berpuasa.

“Boleh saja apabila orang ingin melukakan donor darah, tapi orang tersebut harus cek kesehatan terlebih dahulu. Dianjurkan untuk pendonor tersebut memperbanyak makan dan minum saat berbuka puasa, dan saat hendak sahur. Jika kondisi pendonor darah bagus, boleh melakukan donor darah, tapi sebaiknya dilakukan setelah buka puasa,” ujar Indah kepada bertuahpos.com, Jumat (02/06/2017).

Sementara menurut pakar kesehatan, sebaiknya mendonorkan darah harus mengecek mental dan kesehatan terlebih dahulu, supaya tidak membatalkan puasa. (bpc11)

Baca: Tragis, Mayat Bayi Perempuan Mengapung di Sungai Kampar