1,5 Hektare Lahan di Siak Kecil Ludes Terbakar Akhir Pekan Lalu

Rabu, 07 Juni 2017 14:29

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, sudah memperkirakan bahwa Mei lalu Riau masuk pada musim pancaroba, pada Juni 2017 ini curah hujan semakin sedikit, dan kemarau diperkirakan akan berlangsung hingga September nanti.

Danlanud Pekanbaru, Age Wiraksono menjelaskan, pada saat melakukan latihan penerbangan di langit Riau terpantau ada 3 daerah yang tertanya sudah terjangkit Karhutla. Ke 3 daerah itu, yakni di Kabupaten Rohil, Kampar dan Bengkalis yaitu di kawasan Siak Kecil. 

Di daerah Siak Kecil Kabupaten Siak luasan lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektare sama seperti di Kampar. Sedangkan di Kabupaten Rohul sendiri terjadi Karhutla seluas lebih kurang setengah hektare. 

“Water bombing sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Di koto kampar hulu, termasuk Siak Kecil di Bengkalis itu,” ujarnya, Rabu (7/6/2017). 

Baca: Boros,ISIS Teroris Terkaya di Dunia Bisa Bangkrut

Baca: Gubri: Karhutla Masih Prioritas

Dia menjelaskan kecenderungan titik api bermunculan pasa sore hari. Diamanati dari pola seperti ini, dia menuding kebakaran di 3 wilayah itu karena faktor kesengajaan.

“Dari fotonya saja sudah bisa kita lihat, tinggal ditabur benih saja. Karena lahan yang terbakar itu sudah rata dengan tanah,” sambungnya. 

Melihat dari fenomena itu, sudah ada sejumlah oknum yang memanfaatkan musim kemarau kali ini untuk membuka lahan baru. Masalah ini sebenarnya modus lama, namun jika tidak cepat ditangani akan sangat berbahaya. (bpc3)