Tanzanite yang Bikin Para Penambang Biasa Kaya Mendadak

Jumat, 26 Juni 2020 10:53
Tanzanite yang Bikin Para Penambang Biasa Kaya Mendadak

BERTUAHPOS.COM — Tanzanite adalah sebuah jenis batu permata. Batu ini termasuk langka. Para penambang kecil di Tanzania bisa kaya mendadak jika mendapatkan batu ini.

Saniniu Laizer memperoleh Pound 2,4 juta (sekitar Rp 42 miliar) dari Kementerian Pertambangan negara itu untuk dua batu berharga Tanzanite, dengan berat gabungan 15 kg. Dikutip dari laman Gemological Institute of America (GIA), lembaga yang berfokus pada penelitian bebatuan, batu ini ditemukan hanya di satu tempat di bumi, yakni Tanzania. Batu ini mengandung mineral Zoisite.

Detikcom menjabarkan, bahwa uniknya, batu Tanzanite memiliki warna beragam. Semua itu tergantung dari sudut pandang penglihatan mata. Para kreator batu dapat membuat permata dengan warna bervariasi dengan batu ini

Tanzanite adalah batu permata dengan kualitas tinggi. Kombinasi yang terdapat pada batu ini, ialah biru, ungu, violet mirip warna batu safir halus, atau warna rona violet unik dan sangat dominan. Beberapa batu juga mungkin tampak lebih keunguan tergantung pada cara pemotongannya.

Baca: Pecinta Durian Wajib Coba! Creamy Durian Lapis Cake Lembut Hanya di Lekeix

BBC pernah menuliskan bahwa batu Tanzanite adalah salah satu permata terlangka di Bumi. Seorang ahli geologi di sana memperkirakan pasokannya kemungkinan akan habis pada 20 tahun kedepan. Nilainya ditentukan oleh kelangkaan — semakin halus warna atau kejernihannya, semakin tinggi harganya. (bpc3)