Riau Pertimbangkan Opsi Investasi Aset untuk Pembangunan Infrastruktur 

Jumat, 26 Februari 2021 13:27
Riau Pertimbangkan Opsi Investasi Aset untuk Pembangunan Infrastruktur 
Gubernur Riau Syamsuar.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau meyakini, mengentaskan persoalan infrastruktur tidak akan mampu dilakukan Pemprov hanya dengan mengandalkan APBD. Terutama infrastruktur jalan.

Sementara di sisi lain, perbaikan infrastruktur harus dilakukan untuk menopang kegiatan ekonomi daerah, apalagi dalam situasi yang sulit seperti ini. 

Advertisement

“Kami sudah bicarakan mengenai bagaimana Riau bisa mendapatkan sumber pendanaan dengan Bappenas. Memang ada beberapa usulan yang ditawarkan pusat,” kata Gubernur Riau Syamsuar, Jumat, 26 Februari 2021.

Menurut Syamsuar, salah satu opsi yang ditawarkan Bappenas, Pemprov Riau bisa memanfaatkan aset-aset yang ada untuk diinvestasikan. 

Baca: Inilah Rahasia Jago Jualan dan Beriklan di Facebook

Investasi aset Pemprov dilakukan tidak lain untuk mendapatkan sumber pendanaan baru yang bisa digunakan untuk memperbaiki infrastruktur di daerah.

“Skema investasi yang ditawarkan tentunya menjadi salah satu opsi untuk bisa kita pertimbangkan. Namun tentu masih perlu dilakukan kajian-kajian lebih jauh,” ujar Syamsuar.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil komunikasi dengan pihak Bappenas, bahwa skema ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dan dianggap efektif untuk mendapatkan penambahan anggaran.

“Bappenas meminta Riau belajar dengan Sumatera Selatan (terkait hal ini). Mana tahu, kita juga bisa buat yang seperti ini,” kata Syamsuar. 

Meski demikian, Syamsuar menegaskan, Riau masih menunggu respon pusat mengenai opsi peminjaman dana untuk penganggaran perbaikan infrastuktur.

“Tapi sampai saat ini, kami belum mendapat respon apapun dari pusat. Dan kita masih menunggu pada opsi itu,” ungkap Syamsuar. (bpc2)