Manipulasi Harga di Indomaret, Konsumen Harus Teliti Sebelum Pergi

Senin, 26 September 2016 16:10
Manipulasi Harga di Indomaret,  Konsumen Harus Teliti Sebelum Pergi

BERTUAHPOS.COM  (BPC), PEKANBARU – Kasus manipulasi harga di ritel Indomaret memang acap kali membuat masyarakat selaku konsumen kecewa. Bukan satu atau dua orang saja yang pernah mengalami, bahwa harga label yang tertera ternyata tidak sama dengan jumlah uang yang dibayarkan.

Menanggapi hal ini,  Ekonom Riau,  Peri Akri menai bahwa masyarakat diminta untuk tetap teliti untuk mencek harga pada daftar struk sebelum beranjak pergi.

“Selama ini mungkin karena jarang ada konsumen yang protes. Dan oknum dari ritel itu merasa aman,” ujarnya.

Kecenderungan untuk melakukan perubahan harga memang dikakukan dengan jumlah sedikit supaya tidak terlaku ketara. Namun demikian jika tingkah laku tidak terpuji seperti ini berlangsung lama, tentu saja sudah sangat banyak keuntungan yang diperoleh.

Baca: BRK Borong 4 Award Tingkat Nasional – Infobank Award 2016

Dia menambahkan, konsumen, dalam hal ini masyatakat, juga diminta untuk terlibat aktif dalam melakukan pengawasan terhadap sistem perdagangan tidak sehat sehingga merugikan sebelah pihak.

“Sikap ketelitian masyarakat akan membuat oknum kasir yang melakukan manipulasi harga produk itu akan jera dan merasa terancam jika harus melakukan hal serupa secara berulang. Tanyakan saja kejelasannya langsung. Dan sebagai konsumen kita harus teliti,” kata Peri

Kasus manipulasi harga di ritel Indomaret bukan sekali dua terjadi. Sejauh ini ada banyak masyarakat sebagi konsumen di tempat itu pernah mengalami hal serupa. Namun demikin,  sejauh ini kemungkinan besar belum ada aduan yang sampai ke pihak manajemen sehingga hal itu bisa terjadi secara berulang kali.

Penulis : Melba