Kadiskes Riau: Ruang ICU Makin Menipis

Sabtu, 08 Mei 2021 10:49
Kadiskes Riau: Ruang ICU Makin Menipis
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir. (Diskominfotik Riau)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan, jumlah ruang ICU di 48 rumah sakit penanganan Covid-19 rujukan pemerintah, semakin menipis. Hal itu terjadi akibat jumlah pasien yang harus dirawat juga terus meningkat.

Kata dia, untuk menambah ketersedian ruang isolasi di rumah sakit masih akan terus dilakukan terutama pada 48 rumah sakit tersebut. “Namun tingkat penggunaannya juga semakin tinggi,” katanya.

Advertisement

Sebelumnya ruang isolasi tersedia 1.658, dan sudah bertambah menjadi 1.680. Namun tingkat penggunaannya juga cukup tinggi yaitu 989 tempat untuk pasien. 

Jumlah ini kata Mimi mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan 2 hari yang lalu yaitu 966 orang. Sehingga penggunaan tempat tidur sudah 60%.

Baca: LSM Bara Api Berharap Dugaan Korupsi Lima Kegiatan di Dinas Kebudayaan Riau Segera Penyidikan

BACA JUGA:  Positif COVID-19 Terus Bertambah, Total 43,803 Kasus

 

Saksikan Juga:

“Ini warning kita semua karena standar aman bagi penggunaan tempat tidur ini adalah di bawah 60%,” ungkapnya. 

Hal itu juga berlaku bagi ruang ICU yang mengalami peningkatan namun tidak signifikan dari 145 menjadi 146. 

Meskipun penambahannya belum signifikan tapi sudah terisi dengan jumlah yang cukup meningkat yaitu 97 ruang ICU sudah terisi dari 146, terjadi peningkatan 2 hari yang lalu dari 86 orang menjadi 97 orang atau 66,4%. 

Menurutnya, ketersediaan ruangan ICU menjadi poin terpenting. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran yang telah disampaikan Gubernur Riau untuk seluruh rumah sakit rujukan agar dapat menambah kapasitas ketersediaan tempat tidur dan ruangan ICU. Serta dilengkapi dengan peralatan-peralatan pendukung, seperti ventilator dan high flow nasal cannula (HFNC), serta ketersediaan obat-obatan yang diperlukan dalam penanganan perawatan pasien Covid-19. (bpc2)

BACA JUGA:  Jokowi, Antara Optimis dan Warning Covid-19

Saksikan Juga: