6 Cara Melatih Pola Pikir, Ayo Coba Sekarang!

Senin, 03 Agustus 2020 10:56
6 Cara Melatih Pola Pikir, Ayo Coba Sekarang!
Ilustrasi – Foto: Pixabay

BERTUAHPOS.COM — Ada banyak teori yang mengemukakan bagaimana pola pikir baik itu, bisa terwujud. Tentunya harus dilatih. Cara melatih pola pikir gampang-gampang susah. Artinya harus sering dilakukan agar menjadi sebuah kebiasaan.

Pola pikir atau biasa dikenal dengan mindset adalah cara bagaiman kita menilai sesuatu sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan berdasarkan sudut pandang. Cara itu tentunya bagaimana pola (model) kita melihatnya.

Advertisement

Tidak selamanya hal buruk di pandang dengan buruk. Sebaliknya, tidak pula semua hal baik itu baik. Tergantung dari pola pikir kita memandang itu. Mengutip infografis yang diposting Instagram @tips.bisnis ada 6 cara melatih pola pikir:

Pertama, tulis semua impian kamu.

Tidak selalu kemampuan mengingat seseorang kuat. Menulis apa yang ada di pikiran lalu dituangkan ke dalam catatan menjadi hal yang penting. Catatan-catatan itu bisa dilihat kembali untuk dianalisa sehingga kamu bisa menarik kesimpulan.

Baca: OKP LAN dan Dinsos Riau Sepakat Tangani Masalah LGBT dan Anak Jalanan

Kedua, meditasi.

Fungsi utama meditasi untuk menenangkan pikiran, dan melatih konsentrasi sehingga memberikan dampak positif bagi seluruh tubuh. Meditasi merupakan kegiatan untuk melatih agar fikiran kita fokus terhadap sesuatu. Selain itu, meditasi juga afekti untuk menstimulus gelombang otak, berperan untuk memulihkan kesadaran dan ingatan.

Ketiga, perbanyak membaca berita.

Asupi otak dengan informasi-informasi penting tentang apa yang terjadi saat ini. Perbanyak membaca buku-buku yang sesuai dengan tujuan kamu. Semakin banyak informasi yang masuk ke otak akan semakin tajam daya analisa untuk menarik kesimpulan dari suatu persoalan.

Keempat, keluarlah dari zona nyaman.

Otak harus terus berfikir agar semakin terlatih untuk menyelesaikan sebuah persoalan yang ada. Zona nyaman biasanya cenderung akan membuat invidu terlena, malas, sehingga pola pikirnya akan menjadi lemah.

Kelima, olahraga.

Kebugaran fisik juga akan membuat aliran darah menjadi stabil, sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Memangnya daya pikir memang disebabkan banyak faktor, diantaranya karena aliran darah yang tidak stabil. Fisik yang berpenyakit cenderung membuat daya pikir melemah karena ada otak disibukkan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Keenam, belajarlah.

Belajarlah setiap hari agar pola pikir kamu benar-benar terasah. Belajarlah mengasah pola pikir dengan menganalisis hal-hal yang kecil. Belajarlah untuk menarik kesimpulan yang tepat dari masalah itu. Pola pikir yang baik menghasilkan orang yang bijaksana dalam menghadapi setiap persoalan yang ada. (bpc2)